Liga Indonesia

Aji Santoso Nilai PSM Makassar 'Takut' Bermain Sepak Bola

Sabtu, 11 Agustus 2018 08:06 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Isman Fadil
© perselafootball
Pelatih Kepala Persela Lamongan, Aji Santoso saat konferensi pers. Copyright: © perselafootball
Pelatih Kepala Persela Lamongan, Aji Santoso saat konferensi pers.

INDOSPORT.COM - Persela Lamongan ditahan imbang 1-1 oleh tamunya PSM Makassar pada pekan ke-20 Liga 1 di Stadion Surajaya, Lamongan, Jumat (10/08/18). Pelatih Persela, Aji Santoso kaget dengan gaya bermain Pasukan Ramang.

Aji menilai jika tim besutan Robert Alberts itu mendadak parkir bus. Hal itu cukup membuatnya terkejut, mengingat selama ini PSM Makassar terkenal dengan gaya bermain agresif.

Pelatih yang juga pernah berseragam PSM Makassar ini menganggap, Robert Alberts mempraktekkan sepak bola negatif. Baginya, keindahan sepak bola tidak dipertontonkan oleh PSM Makassar.

"Coach Alberts melawan Persela, tidak berani keluar menyerang. Sangat mengejutkan, tapi tidak apa-apa, karena itu bagian dari taktik mereka. Tapi keindahan sepak bola tidak terlihat dari PSM," ujarnya

"Sekelas PSM loh bertahan lawan Persela," lanjut pelatih yang pernah membawa Pasukan Ramang in juara Liga Indonesia ini sewaktu masih menjadi pemain

Meski demikian, Aji Santoso tak mengakui bahwa taktik bermain PSM Makassar sangat merepotkan anak buahnya.

"Saya suprise dengan cara main PSM. Selama ini saya tidak melihat mereka main bertahan, baru kali ini mereka lakukan itu. Mereka benar-benar tidak mau keluar, dan itu cukup sulit kami tembus," bebernya.

Akan tetapi, terlepas dari semua itu. Aji tetap memuji perjuangan anak buahnya. Meski hanya mendapat satu poin, ia bangga karena strategi mereka mamlu membuat PSM Makassar bermain bertahan.

"Hanya dapat satu poin tapi secara keseluruhan tidak ada masalah karena pemain kami sudah tampil bagus," pungkasnya.

Dari sisi penguasaan bola, Persela Lamongan memang unggul jauh 38 persen untuk PSM berbanding 62 persen untuk Persela.

Namun dari segi efektifitas, PSM mampu menandingi tuan rumah. Sebab, dari 12 percobaan Laskar Joko Tingkir hanya lima yang mengenai sasaran. Sementara PSM melakukan tiga kali percobaaan dan ketiganya mengarah ke gawang.

Hasil imbang ini membuat Persela Lamongan bertengger di peringkat 8 klasemen sementara Liga 1 dengan 28 poin. Sementara PSM Makassar tetap nyaman di posisi 3 klasemen kasta teratas sepak bola Indonesia.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.

8