In-depth

3 Formasi yang Pernah Populer di Timnas Indonesia

Sabtu, 15 September 2018 15:25 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Ilustrasi Formasi Indonesia. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi Formasi Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia sudah berulang kali berganti pelatih. Pergantian pelatih itu juga diikuti dengan formasi yang sering bergonta-ganti. 

Timnas Indonesia kini sedang mengalami polemik di bidang pelatih. Luis Milla yang kontraknya habis usai Asian Games 2018 lalu, belum memperpanjang kontraknya. 

Karena polemik tersebut, mulai muncul beberapa nama yang dianggap pantas menggantikan Luis Milla. Mulai dari Simon McMenemy hingga Kurniawan Dwi Yulianto.

Sebenarnya, pergantian pelatih di tubuh Timnas Indonesia sudah menjadi hal yang biasa sejak lama. Sejak era sebelum kemerdekaan, sudah puluhan nama yang menduduki jabatan pelatih Timnas Indonesia. 

Baik pelatih lokal maupun pelatih asing, bergantian menahkodai Timnas Garuda. Pergantian-pergantian pelatih tersebut juga berdampak kepada formasi dan pola permainan yang diterapkan di Timnas. 

Mulai dari formasi tradisional 3-5-2, hingga formasi modern 4-2-3-1 pernah menjadi pakem yang digunakan Timnas Indonesia. Berikut 3 formasi yang pernah populer di Timnas Indonesia.

159