Bola Internasional

Tak Hanya Indonesia, Chinese Taipei Juga Pernah Berprestasi di Piala Asia U-19

Kamis, 18 Oktober 2018 10:49 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 vs Chinese Taipei U-19. Copyright: © INDOSPORT
Timnas Indonesia U-19 vs Chinese Taipei U-19.

INDOSPORT.COM - Perhelatan kompetisi sepak bola Piala Asia U-19 akan dimulai hari ini di Jakarta dengan dibukanya pertandingan pembuka antara Uni Emirat Arab vs Qatar. Baru setelah itu tim tuan rumah akan bertanding menghadapi Chinese Taipei di malam harinya.

Timnas Indonesia U-19 punya kenangan manis di ajang ini karena berprestasi pada tahun 1961 dengan predikat juara bersama dengan Timnas sepak bola Myanmar U-19.

Kala itu format tendangan penalti masih belum diperkenalkan, sehingga pertandingan antara Timnas Myanmar dan Timnas Indonesia yang berakhir dengan skor 0-0 diputuskan dengan gelar juara milik bersama.

Tak hanya Timnas Indonesia, Chinese Taipei yang akan menjadi lawan perdana juga miliki kenangan manis di ajang yang berada dibawah 19 tahun ini. Ketika itu di edisi 1966, Chinese Taipei berada dalam generasi emasnya dan berhasil membuat kejutan.

Tergabung dengan Jepang, Singapura, India dan Myanmar, Chinese Taipei sukses lolos ke babak perempat final usai tempati peringkat ketiga.

Di perempat final, mereka masih mampu melaju usai singkirkan Hong Kong lewat aksi lempar koin (ketika itu pemenang ditentukan dengan lempar koin usai laga imbang).

Barulah di semifinal langkah Chinese Taipei terhenti setelah dibantai oleh Israel dengan skor 0-5. Di laga perebutan tempat ketiga, negara yang ber-ibukota di Taipei itu berhasil mengimbangi Thailand, sehingga diputuskan kedua tim mendapatkan status peringkat ketiga secara bersama.

112