Bola Internasional

Sven Goran Eriksson, Pelatih Baru Filipina dengan Gelimang Prestasi

Sabtu, 27 Oktober 2018 22:01 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Yohanes Ishak
© Inquirer
Pelatih asal Swedia, Sven Goran Eriksson resmi menjadi nahkoda Timnas Filipina. Copyright: © Inquirer
Pelatih asal Swedia, Sven Goran Eriksson resmi menjadi nahkoda Timnas Filipina.

INDOSPORT.COM - Persaingan Piala AFF 2018 tampaknya akan semakin memanas meski kompetisi paling bergengsi di Asia Tenggara baru akan dimulai bulan depan. Itu terlihat dari sejumlah persiapan yang dilakukan oleh sejumlah peserta termasuk Filipina yang baru menunjuk pelatih dengan gemilang prestasi, Sven-Goran Eriksson.

Pelatih asal Swedia itu ditunjuk oleh Filipina agar mereka dapat berprestasi di ajang Piala AFF 2018. Seperti yang kita tahu, Filipina merupakan kekuatan baru di sepak bola Asia Tenggara setelah melakukan sejumlah naturalisasi pemain di tahun 2010.

Sebelum itu Filipina dikenal hanyalah tim semenjana yang dijadikan bulan-bulanan oleh tim lain. Bahkan Indonesia pernah membantai Filipina dengan skor yang sangat telak, yaitu 13-1 pada Piala AFF 2002.

Tapi itu cerita masa lalu karena kini Filipina telah menjelma menjadi tim yang ditakuti di Asia Tenggara. Bahkan Timnas Indonesia pernah dibantai dengan skor telak 0-4 oleh Filipina di ajang Piala AFF.

Meski telah menjadi tim unggulan, Filipina tetap saja belum dapat berbicara banyak di Piala AFF karena prestasi terbaiknya hanya mencapai babak semifinal saja. Bahkan di edisi dua tahun yang lalu, Filipina tersingkir di babak grup kalah bersaing dengan Thailand dan Indonesia.

Oleh karena itu sosok seperti Sven Goran Eriksson diperlukan untuk menularkan mental juara kepada skuat Filipina yang belum pernah memenangi turnamen Piala AFF. Tentu ini menjadi alarm peringatan bagi Indonesia yang akan menjadi saingan Filipina yang sudah dilatih pelatih berkaliber dunia.