Liga Indonesia

Data Statistik Persija Jakarta vs Barito Putera, Siapa Paling Unggul?

Selasa, 30 Oktober 2018 15:52 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/Indosport
Persija Jakarta vs Barito Putera. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport
Persija Jakarta vs Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Laga lanjutan sepak bola Indonesia, Liga 1 2018 pekan ke-28 mempertemukan Persija Jakarta vs Barito Putera di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (30/10/18).

Bila dilihat dari peringkat klasemen sementara Liga 1 2018, Persija Jakarta memang lebih unggul ketimbang Barito Putera. Macan Kemayoran menempati peringkat tiga, sementara Barito di peringkat sembilan.

Akan tetapi, posisi di tabel klasemen sendiri tidak lantas menjadikan Persija Jakarta secara otomatis diunggulkan ketimbang Barito. Apalagi secara statistik Laskar Antasari ternyata memiliki keunggulan ketimbang Persija Jakarta.

Barito Putera telah membukukan 42 gol dan menjadi tim Liga 1 2018 kedua terbanyak dalam torehan gol di bawah Persebaya Surabaya. Sementara Persija Jakarta hanya mencatatkan total 38 gol dari 26 laga yang telah dimainkan.

Adapun top skorer Persija masih dipegang oleh Marko Simic yang menorehkan 11 gol. Sementara Barito Putera memiliki Samsul Arif yang membukukan 10 gol, Douglas Packer 10 gol, serta penyerang anyar Marcel Sacramento yang sudah menorehkan 5 gol dari 8 laga.

Dari total assist, Barito Putera memiliki Rizky Pora yang memberikan 10 assists hingga membuatnya kembali dipanggil Timnas Indonesia pada uji coba menghadapi Piala AFF 2018. Sedangkan PersijaJakarta  mengandalkan Riko Simanjuntak yang mencatatkan 7 assists.

Barito Putera juga unggul jika dilihat dari total operan tepat. Dua penggawa asing Laskar Antasari, Matias Cordoba dan Aaron Evans masing-masing melakukan operan tepat sebanyak 1421 dan 865 operan. Bahkan Nazar Nurzaidin juga berkontribusi dalam 747 operan sukses.

Meski tergolong sebagai pemain sepak bola muda, Nazar Nurzaidin sudah melakukan tekel sukses terbanyak, yakni total 78 tekel sukses yang belum mampu disamai oleh gelandang Persija, Rohit Chand dengan 73 tekel suksesnya.

Intersep dari Hansamu Yama Pranata juga lebih banyak meski ia seringkali absen membela Barito saat dipanggil Timnas. Total 79 intersep Hansamu mengalahkan bek asing Persija, Jaimerson da Silva yang hanya mencatatkan 66 intersep.

Terakhir, Barito memiliki kiper dengan penyelamatan terbanyak, yakni Adhitya Harlan yang mencatatkan total 56 total penyelamatan, meski di tiga laga terakhir posisinya digantikan oleh Dian Agus Prasetyo.

Penulis: Martini.

Terus Ikuti Update Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia di INDOSPORT.COM

162