Bola Internasional

5 Kontroversi Selama Piala AFF, Timnas Indonesia Sempat Dirugikan

Minggu, 4 November 2018 09:26 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF Copyright: © affsuzukicup.com
Trofi Piala AFF

INDOSPORT.COM - Jadwal kejuaraan sepak bola Piala AFF 2018 akan segera memulai kick-off perdananya pekan ini, tepatnya pada Kamis, 8 November mendatang.

Dalam sejarah 12 kali bergulirnya Piala AFF, sempat terjadi sejumlah aksi kontroversi yang menyelimuti kejuaraan sepak bola terakbar Benua Asia Tenggara ini. Bahkan salah satunya merugikan pihak Timnas Indonesia.

Sekadar informasi, Piala AFF pertama kali bergulir pada tahun 1996 dengan nama Piala Tiger dan diikuti 10 negara peserta dari anggota ASEAN, termasuk Timnas Indonesia.

Kini dengan perubahan nama dan format kompetisi, gelaran Piala AFF telah menjadi lebih profesional dan bahkan telah masuk ke dalam kalender FIFA.

Namun selama 22 tahun bergulirnya Piala AFF, tak sedikit kontroversi yang terjadi baik saat pertandingan maupun di luar lapangan, dan mungkin hingga kini belum mampu dilupakan oleh sebagian pemain.

Salah satu yang paling diingat tentu dalam gelaran Piala AFF 2010, di mana Timnas Indonesia sempat dirugikan akibat mengalami insiden penyerangan laser di partai final saat berhadapan dengan Malaysia.

Tak hanya itu, masih banyak lagi insiden-insiden lain yang pernah terjadi di kompetisi antar negara ASEAN ini dan untuk lebih lengkapnya berikut INDOSPORT rangkum 5 kontroversi yang pernah terjadi selama gelaran Piala AFF.

88