Bola Internasional

Van der Vaart Pensiun, Ini 3 Fakta yang Jarang Terungkap

Selasa, 6 November 2018 16:08 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Glasgow Live
Eks bintang Real Madrid, Rafael van der Vaart. Copyright: © Glasgow Live
Eks bintang Real Madrid, Rafael van der Vaart.

INDOSPORT.COM - Rafael van der Vaart telah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola setelah belasan lamanya bermain di atas lapangan hijau. Van der Vaart sendiri mengawali debut bersama klub sepak bola Ajax pada tahun 2000 silam di usianya yang masih 17 tahun.

Berhasil melalui musim gemilang dan memenangi dua kali trofi liga bersama Ajax, Van der Vaart pun pindah ke Hamburg pada tahun 2005.

Pamornya mulai naik daun setelah ia berseragam Real Madrid dan kemudian Tottenham Hotspur. Bahkan ia juga mengatakan bahwa masa-masanya bersama Tottenham adalah yang terbaik sepanjang kariernya.

Waktu terus berlalu dan Van der Vaart akhirnya berlabuh di Esbjerg fB yang mana menjadi klub terakhirnya sebelum pensiun di tahun 2018 ini.

“Bila ada satu momen untuk mendeskripsikan perjalanan karier saya, inilah dia (video). Kata-kata tidak dapat mengungkapkan betapa bersyukurnya saya atas 18 tahun berkarier di sepak bola profesional,” tulis Van der Vaart melalui akun Twitter-nya, @rafvdvaart.

Sebelum memutuskan gantung sepatu di level klub, Van der Vaart sudah terlebih dahulu pensiun dari Timnas Belanda pada tahun 2013 dengan menorehkan 25 gol dari 109 penampilan.

Lalu seperti apa sosok pria 35 tahun tersebut terlepas dari 90 menit di dalam lapangan hijau? Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, berikut ini INDOSPORT merangkum tiga fakta Van der Vaart yang mungkin belum kamu ketahui.