Liga Inggris

Semakin Hari Arsenal Semakin Memukau, Ini 3 Penyebabnya

Minggu, 11 November 2018 01:23 WIB
Penulis: Dananto Riski | Editor: Abdurrahman Ranala
© INDOSPORT
Unai Emery saat di laga Arsenal vs Liverpool Copyright: © INDOSPORT
Unai Emery saat di laga Arsenal vs Liverpool

INDOSPORT.COM - Arsenal Memulai langkah besar di musim 2018/19 dengan mendatangkan pelatih eks Paris Saint-Germain, Unai Emery. Otomatis hadirnya Emery, menggantikan posisi Arsene Wenger yang telah bertahta menjadi pelatih The Gunners selama 22 tahun.

Musim lalu, dan beberapa musim sebelumnya publik pecinta sepak bola menilai Arsenal telah mengalami degradasi cukup signifikan. Akhirnya, awal 2018 menjadikan Wenger harus angkat kaki dari klub berlogo meriam tersebut.

Memasuki musim 2018/19 pada Liga Primer Inggris, meski tidak masuk tiga besar klasemen sementara, namun dinilai Arsenal tampil konsisten. Beberapa pengamat sepak bola mengatakan The Gunners telah berprogres dan akan bangkit dari keterpurukan. Apa alasannya?

Berikut INDOSPORT sajikan rangkuman yang dilansir dari Sportskeeda, dimana terdapat 3 fakta mengapa Arsenal akan kembali berjaya.

1. Unai Emery Menjadi Aktor Utamanya

Pada Liga Primer Inggris musim 2018-19, Mesut Ozil cs berhasil bertahan di posisi ke-5 klasemen sementara. Pertandingan melawan Liverpool dengan hasil imbang 1-1 mengejutkan publik pecinta sepak bola.

Pengamat sepak bola dari Sportskeeda, Sayan Chatterjee, beranggapan bahwa hadirnya Emery telah membawa nuansa segar di ruang ganti para pemain. Sedangkan menurut salah satu pemain Arsenal berkomentar, "Bagi saya pribadi, hal terbesar adalah bahwa dia (Emery) adalah seseorang yang benar-benar tahu apa yang dia inginkan dari setiap pemain," kata Shkodran Mustafi ketika ditanya apa yang telah ditambahkan Emery sejak menggantikan Arsene Wenger.

2. Penguasaan Bola Individu di Tengah Lapangan

Efektifitas dalam serangan dan kekuatan pertahanan Arsenal  menjadikan klub ini cukup diwaspadai. Meskipun mereka tidak sempurna, para pemain terlihat lebih percaya diri dengan bola di kaki mereka dan lini tengah meningkat secara signifikan.

Siapa yang menguasai lini tengah, maka sama dengan menguasai jalannya pertandingan. Hal ini ditunjukkan para pemain Gunners kala menghadapi Liverpool meskipun dengan hasil imbang.

Tidak ada keraguan tentang kemampuan Mesut Ozil tetapi dua nama lainnya, Granit Xhaka dan Lucas Torreira berhasil tampil mengejutkan bagi para penggemar Arsenal. 

3. Regenerasi Pemain

Tidak seperti kebanyakan klub lain yang mendatangkan pemain kelas bintang, Arsenal justru fokus mencari pemain muda berbakat untuk di asah bersama klub. Diantara pemain muda itu yang baru bergabung adalah, Matteo Guendouzi, Bernd Leno dan Lucas Torreira, meski mereka tampil belum sempurna tetapi telah memainkan peran kunci dalam keberhasilan klub.

"Aliran darah muda terbukti bermanfaat dalam memberikan pandangan baru bagi tim Arsenal ini," ucap Sayan. Ia juga menambahkan bahwa Arsenal memang sudah dikenal berhasil mencetak para pemain bintang misalnya Alexis Sanchez, Santi Cazorla, Jack Wilshere, Olivier Giroud, dan Theo Walcott.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by INDOSPORT.com (@indosportdotcom) on

Ikuti Terus Berita Liga Primer Inggris dan Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM