Bola Internasional

AFF Soroti Banner Sindiran Suporter Timnas Indonesia untuk Edy Rahmayadi

Minggu, 18 November 2018 10:02 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
© Herry Ibrahim/Indosport.com
Ucapana terima kasih pemain Timnas Indonesia untuk para suporter yang hadir SUGBK. Copyright: © Herry Ibrahim/Indosport.com
Ucapana terima kasih pemain Timnas Indonesia untuk para suporter yang hadir SUGBK.

INDOSPORT.COM - Ada pemandangan menarik dari suporter yang mendukung langsung Timnas Indonesia di pertandingan vs Thailand di Piala AFF 2018, Sabtu (18/11/18) malam tadi. Alih-alih membawa banner dukungan, ada pula suporter Timnas Indonesia yang membawa banner 'sindiran' untuk Edy Rahmayadi sang Ketua Umum federasi sepak bola Indonesia alias PSSI.

Timnas Indonesia dan PSSI saat ini tengah menjadi bahan perbincangan utama masyarakat Indonesia, khususnya pencinta sepakbola. Bukan karena prestasinya, melainkan karena banyaknya polemik yang terjadi dalam waktu satu tahun terakhir.

Mulai dari tarik ulur kontrak Luis Milla, hingga penunjukan Bima Sakti sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia yang berlaga di ajang Piala AFF 2018, menjadi sebagian kecil polemik yang dialami oleh PSSI dan Timnas Indonesia dalam tahun 2018 ini.

Bisa dibilang, sepanjang tahun 2018 berlangsung, tidak ada satupun pembahasan mengenai kondisi persepakbolaan Indonesia yang luput dari pembicaraan banyak orang. Bahkan ucapan Eddy Rahmayadi saat menjelaskan kontrak Luis Milla pun turut menjadi bahan buah bibir banyak orang.

Kala itu, Gubernur Sumatera Utara ini tengah diwawancarai oleh CNN Indonesia, mengenai kabar Luis Milla. Menariknya, jawaban yang diberikan oleh Eddy ternyata mampu mencuri perhatian masyarakat Indonesia, dan menjadi guyonan banyak orang.

"Luis Milla sedang melakukan itu pendalaman ilmu (Kursus lisensi kepelatih), sebagai kewajiban seorang coach. Coach itu pelatih, dan dia baru selesai," ucapnya kala itu.

Ya, kata-kata 'coach itu pelatih' nyatanya berhasil mencuri banyak perhatian. Tak sedikit yang menjadikan kata-kata tersebut untuk sindiran sarkasme ke PSSI. Tak tanggung-tanggung, setiap kali timnas Indonesia bermain, para pendukung Garuda Nusantara pun kerap kali membawa sebuah banner bertuliskan 'coach itu pelatih'.

© Instagram/@affsuzukicup
Di Stadion Rajamangala terpapar spanduk Coach itu Pelatih Copyright: Instagram/@affsuzukicupDi Stadion Rajamangala terpapar spanduk Coach itu Pelatih

Seperti halnya saat Indonesia melawan Thailand di laga ketiga Grup B Piala AFF 2018, Sabtu (17/11/18). Karena terlalu 'unik'-nya banner yang dibawa, akun Instagram resmi AFF pun menyoroti para penggemar Indonesia yang membawa tulisan 'coach itu pelatih'.

"Hal yang menarik dari penggemar Indonesia," tulis akun AFF dalam unggahannya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 di INDOSPORT

Penulis: Ridi F Khan