Liga Indonesia

3 Kiper yang Paling Sulit Dibobol di Liga 1, Adakah dari Persib Bandung?

Selasa, 20 November 2018 21:29 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Isman Fadil
© PT LIB
Aksi penyelamatan Jandia Eka Putra. Copyright: © PT LIB
Aksi penyelamatan Jandia Eka Putra.

INDOSPORT.COM - Memiliki kiper yang hebat adalah dambaan bagi setiap tim termasuk peserta ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1. Penjaga gawang yang handal setidaknya telah membuat pertahanan dari suatu tim sangat kuat dari ancaman berbahaya penyerang klub lawan.

Ada banyak inidikator untuk menentukan seorang penjaga gawang memiliki kecakapan yang baik atau tidak. Salah satunya adalah jumlah nirbobol atau clean sheet yang sering menjadi acuan dari kemampuan seorang kiper.

Semakin banyak clean sheet yang tercetak, maka kiper tersebut otomatis menjadi sangat sulit untuk dibobol. Pasalnya clean sheet bagi kiper bisa dikatakan sebuah gol bagi penyerang, dalam artian sangat sulit untuk menjaga kesucian gawang dalam suatu pertandingan 90 menit.

Untuk terciptanya suatu clean sheet dibutuhkan reflek, mampu mengkoordinasi lini pertahanan dengan baik, dan kemampuan memabaca bola dan pemain lawan. Kombinasi kemampuan itulah yang akan menentukan apakah seorang kiper bisa mencatatkan clean sheet yang menjadi bukti betapa sulitnya gawang dibobol.

Berikut INDOSPORT.com ulas 3 kiper yang paling sulit dibobol di Liga 1 berdasarkan situs Transfermarkt.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
33%