Bola Internasional

Piala AFF: Lebih Lama dari Jokowi, Ini Rekor Tidak Pernah Cleansheet Timnas Indonesia

Kamis, 22 November 2018 13:15 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah. Copyright: © INDOSPORT
Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah.

INDOSPORT.comTimnas Indonesia dipastikan tersingkir dari turnamen sepak bola Piala AFF 2018. Hasil imbang Filipina vs Thailand membuat asa Timnas Indonesia untuk melaju ke semifinal sirna.

Skuat Garuda tidak bisa lagi mengejar perolehan poin Filipina ataupun Thailand. Dengan demikian, pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina tidak akan menentukan nasib anak asuh Bima Sakti di Piala AFF 2018.

Tersingkirnya Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 menyisakan rekor buruk. Selain gagal lolos dari babak penyisihan grup, Timnas Indonesia ternyata memperpanjang catatan tidak pernah cleansheet.

Terakhir kali Timnas Indonesia tidak kebobolan di Piala AFF terjadi pada edisi 2012 saat melawan Singapura. Pada tanggal 28 November 2012, Timnas Indonesia sukses menang dengan skor 1-0 lewat gol tunggal spektakuler Andik Vermansah.

Setelah itu Timnas Indonesia tidak lagi mampu mencatatkan cleansheet di Piala AFF 2014, 2016, dan bahkan 2018 kali ini. Lamanya Timnas Indonesia tidak pernah cleansheet bahkan melampaui masa jabatan Presiden Joko Widodo selama 5 tahun dari 2014 hingga 2019.

Timnas Indonesia berpeluang memutus rekor buruk tersebut ketika melawan Filipina, Minggu (25/11/18) nanti, di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Meskipun tidak lagi menentukan nasib Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, hasil cleansheet setidaknya dapat menghapus catatan minor tim Merah Putih tidak pernah cleansheet di Piala AFF selama 6 tahun terakhir.