Bola Internasional

Tersingkir Seperti Timnas Indonesia di Piala AFF, Singapura Cari Pengganti Fandi Ahmad

Selasa, 27 November 2018 11:19 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Lanjar Wiratri
© FOX Sports Asia
Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018. Copyright: © FOX Sports Asia
Fandi Ahmad besut Timnas Singapura di Piala AFF 2018.

INDOSPORT.COM - Seperti Timnas Indonesia yang juga bergabung di Grup B, Singapura tersingkir dari Piala AFF 2018 setelah mengemas enam poin. Usai memutuskan mengganti Fandi Ahmad usai kegagalan tersebut, kini Timnas Singapura tengah berburu pemain baru.

Menurut pengamat yang diwawancara The Straits Times, Federasi sepak bola Singapura (FAS) harus menunjuk pelatih yang menggantikan posisi pelatih sementara Fandi Ahmad. Namun, legenda Pelita Jaya ini tetap harus melanjutkan perannya membangun tim senior jelang SEA GAMES 2019 di Filipina.

© Bongda.vn
Timnas Thailand vs Singapura di Piala AFF 2018. Copyright: Bongda.vnTimnas Thailand vs Singapura di Piala AFF 2018.

"Sangat penting bagi tim dan pelatih baru untuk mengenal satu sama lain dengan cepat, jadi semua orang yang terlibat paham perannya, araha, formasi, gaya main, dan taktik," ujar mantan kiper Timnas Singapura, Lionel Lewis.

Menurut pemain yang membawa Singapura juara Piala AFF dua kali, Raddy Avramovic (mantan pelatih timnas Singapura) butuh waktu lama untuk membawa Young Lions meraih tiga gelar. Jika merekrut pelatih asing, jelas yang bersangkutan harus paham budaya dan keunikan sepak bola Singapura dan tugas Fandi untuk membantunya.

Sekalipun Singapura harus tersisih, ada optimisme di negara mungil juara Piala AFF empat kali ini. Lepas apapun hasilnya, Fandi berhasil membangun fondasi yang baik dan siapapun pelatihnya harus meneruskan warisan yang dibangun pria yang putranya juga pesepak bola ini.

"Ada momentum sekarang, dan sekumpulan pemain seperti  Zulqarnaen, Irfan, Ikhsan, Shakir Hamzah san Hariss Harun. saya harap bisa berbuat lebih dan bermain di liga-liga luar negeri dan bisa mengalami kemajuan seperti apa yang dicapai Gabriel Quak sejak dia main di Thailand," ujar R.Sasikumar, bek yang mencetak gol di final Piala Tiger 1998.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Piala AFF Lainnya di INDOSPORT