Bola Internasional

Raihan Terbaik Negara-Negara ASEAN Pada Rangking FIFA, Timnas Indonesia Pernah Tembus 100 Besar

Jumat, 30 November 2018 15:13 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tampak sedih seluruh pemain & pelatih Timnas Indonesia usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018 Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tampak sedih seluruh pemain & pelatih Timnas Indonesia usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018

INDOSPORT. COM - Rangking FIFA baru-baru ini kembali dirilis versi teranyarnya. Timnas Indonesia sendiri harus kehilangan satu poin dan berada di peringkat 160.

Ya, FIFA (induk tertingi organisasi sepak bola dunia) merilis daftar peringkat negara-negara internasional bertepatan dengan rampungnya babak grup Piala AFF 2018. Sayangnya, pada penyisihan babak Grup B, Timnas Bola Indonesia harus tersingkir dan gagal melenggang ke partai semifinal.

Hasil itu lantas berpengaruh terhadap perolehan Timnas Indonesia di rangking FIFA. Timnas Indonesia harus kehilangan satu poin dan berada di peringkat 160.

Bila berkaca dari seluruh negara kawasan Asia Tenggara, Timnas Indonesia sepertinya wajib belajar banyak dari Vietnam. Pasalnya, Vietnam kini jadi negara Asia Tenggara dengan posisi tertinggi di rangking FIFA, yakni 100.

Walau demikian, raihan-raihan yang didapat para negara Asia Tenggara saat ini, sejatinya mayoritas lebih buruk ketimbang sejarah yang ada. Beberapa negara Asia Tenggara diketahui pernah menembus rangking 100 besar dunia, atau bahkan 50 besar dunia.