Liga Indonesia

Marak Isu Match Fixing, 6 Pemain Asing Ini Akan Hengkang dari Liga Indonesia?

Minggu, 9 Desember 2018 10:12 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport.com
Pengaturan Skor Sepak Bola Copyright: © Indosport.com
Pengaturan Skor Sepak Bola

INDOSPORT.COM - Tidak terasa kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, Liga 1 sudah memasuki pekan terakhirnya. Sebanyak lima pertandingan yang akan digelar pada hari ini bakal menjadi akhir Liga 1 musim ini.

Sebagai catatan, banyak sekali hal-hal kontroversi yang mengiringi jalannya kompetisi Liga 1 kali ini. Mulai dari bentroknya jadwal pertandingan Liga 1 hingga adanya isu Liga settingan dan pengaturan skor atau yang biasa dikenal dengan match fixing.

Khusus untuk match fixing, sejatinya kata ini sudah bukan barang baru lagi meskipun tampaknya pengaturan skor tetap terjadi di Liga Indonesia hingga kini.

Memang masih belum ada bukti valid pertandingan Liga Indonesia manakah yang benar-benar terpapar pengaturan skor. Layaknya kentut yang mana baunya tercium namun tidak diketahui siapa yang melepaskan bom beracun itu, kompetisi Liga 2 disebut-sebut sebagai kompetisi yang terlibat dalam match fixing.

Selain di Liga 2, beberapa pemain di Liga 1 bahkan sempat dituding ditawari untuk menerima suap agar hasil pertandingan bisa diatur seperti Supardi dan Yoo Hyun-Koo.

Baik kapten Persib Bandung dan Sriwijaya itu sama-sama membantah kabar yang menyudutkan mereka itu. Selain itu, tidak ada bukti yang dapat memastikan bahwa keduanya, serta kompetisi Liga 1 turut serta terseret dalam kasus match fixing.

Uniknya, panasnya isu match fixing belakangan ini dibarengi dengan kemungkinan hengkangnya beberapa pemain berkelas dengan status asing di Liga Indonesia dari Tanah Air.

Berikut INDOSPORT rangkum dalam enam pemain asing yang kemungkinan tinggalkan Indonesia pasca isu match fixing memanas.

298