In-depth

Piala Dunia Antar Klub 2018: Rivalitas Antara 2 Kiblat Sepak Bola, Eropa Atau Latin?

Sabtu, 15 Desember 2018 19:11 WIB
Penulis: Coro Mountana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Real Madrid
Real Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017. Copyright: © Real Madrid
Real Madrid saat menjuarai Piala Dunia Antarklub 2017.

INDOSPORT.COM - Tak terasa kita sudah memasuki akhir tahun 2018 yang artinya beberapa kompetisi sepak bola Eropa akan mengalami masa rehat kecuali Inggris. Akan tetapi di masa liburan menjelang Natal dan Tahun Baru ini, sebenarnya ada satu kompetisi bergengsi selain Premier League Inggris yang tetap berjalan, yaitu Piala Dunia Antar Klub 2018.

Sebagian dari kita pasti berpikir kalau Piala Dunia Antar Klub itu sama seperti Piala Interkontinental, tapi nyatanya itu adalah 2 kompetisi yang berbeda. Piala Interkontinental adalah ajang yang mempertemukan jawara Eropa dengan Amerika Latin, sedangkan Piala Dunia Antar Klub adalah ajang yang mempertemukan semua jawara antar benua.

Piala Interkontinental sendiri berakhir di tahun 2004 dengan berbagai alasan dan ajang itu menjadi bukti kalau jawara Amerika Selatan lebih unggul terhadap tim Eropa. Terbukti pemenang dari ajang Piala Interkontinental didominasi oleh Argentina sebanyak 9 kali, itu hanya bisa didekati tim asal Italia sebanyak 7 kali juara.

Piala Dunia Antar Klub sendiri baru digelar pada tahun 2000 yang berisi juara antar benua, tuan rumah, dan juara Piala Interkontinental. Namun keberlangsungan turnamen itu ternyata baru bisa berlanjut ketika di tahun 2005 tepat bersamaan dengan berakhirnya Piala Interkontinental.

Uniknya di Piala Dunia Antar Klub, klub-klub Eropa justru lebih Berjaya dibanding tim-tim Amerika Selatan. Terbukti sebanyak 10 kali gelar Piala Dunia Antar Klub diambil oleh tim Eropa yang hanya bersisa 4 gelar juara saja yang dimenangkan oleh tim Amerika Latin.

Terjadi suatu pergeseran kekuatan atau kiblat sepak bola yang dulunya ada di Amerika Latin berubah haluan ke Eropa. Lantas bagaimana cerita Piala Dunia Antar Klub 2018? Apakah tim Amerika Latin atau Eropa yang juara? Berikut INDOSPORT beri ulasan singkatnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%