Liga Inggris

Ternyata Capaian Mourinho Lebih Baik dari Moyes dan Van Gaal

Selasa, 18 Desember 2018 21:21 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho. Copyright: © Getty Images
Mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho.

INDOSPORT.COM - Jose Mourinho baru saja mengikuti jejak David Moyes dan Louis van Gaal yang gagal menjadi penerus jangka panjang sebagai pelatih Manchester United, seperti halnya Sir Alex Ferguson.

Pelatih asal Portugal ini telah kehilangan pekerjaannya setelah dua setengah tahun berada di Old Trafford. Mourinho mengawali musim terburuk di Liga Primer sejak 1990, dan membuat United ada di posisi keenam di klasemen.

The Red Devils sekarang akan memulai perburuan pelatih keempat mereka untuk menjadi pelatih permanen jangka panjang sejak 2013 ketika Sir Alex pensiun.

Meskipun demikian seperti dikutip dari Talk Sport, persentase kemenangan Mourinho secara mengejutkan mencapai angka 58,33%, mendekati capaian Sir Alex sepanjang karir kepelatihannya.

Sayang, gaya bermain bertahan yang ia sajikan di hampir setiap pertandingan dinilai sebagai gaya bermain tim paling buruk selama lima tahun terakhir.

Moyes sendiri yang melatih di musim 2013/14, memiliki presentasi kemenangan sebesar 52,94%. Ia hanya berhasil memenangkan Piala Community Shield.  

Sementara van Gaal, yang melatih mulai dari tahun 2014 hingga 2016, meraih presentas kemenangan sebesar 52.43% dan berhasil mengangkat Piala FA.

Ikuti terus berita sepak bola Liga Inggris dan berita olahraga lainnya di INDOSPORT.COM