Liga Indonesia

Jejak Papat Yunisal, Anggota Exco PSSI dan Tokoh Sepak Bola Wanita yang Terseret Pengaturan Skor

Kamis, 20 Desember 2018 11:06 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© Indosport
Papat Yunisal, Anggota EXCO PSSI yang terlibat pengaturan skor Liga Indonesia. Copyright: © Indosport
Papat Yunisal, Anggota EXCO PSSI yang terlibat pengaturan skor Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Anggota Exco PSSI, Papat Yunisal, terseret dalam kasus pengaturan skor sepak bola Indonesia. Berikut jejak Papat yang juga tokoh sepak bola wanita yang disebut ikut mengatur pertandingan dalam acara Mata Najwa: PSSI Bisa Apa Jilid 2 .

Sepak bola Indonesia kembali menuai sensasi, bukan soal preastasi yang diraih melainkan aksi para  pengurus PSSI yang tak lepas dari kontroversi hingga melibatkan bandar judi, dan membuat banyak rakyat terasa dizalimi.

Teranyar melalui program Mata Najwa yang ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta, kebobrokan federasi sepak bola tertinggi Indonensia (PSSI) kembali terungkap. Lagi-lagi, anggota Exco PSSI diduga terlibat dalam kasus pengaturan skor.

Pada talkshow berjudul "PSSI Bisa Apa Jilid 2" tersebut, mantan manajer klub peserta Liga 3 yakni Persibara Banjarnegara, Lasmi indaryani menyebut bahwa timnya merasa ditipu para mafia sepak bola. Bahkan Persibara terancam gagal tampil di Piala Indonesia 2018.

Setelah pada talkshow "PSSI Bisa Apa" pertama memunculkan nama Hidayat sebagai anggota EXCO PSSI yang disebut sebagai pihak terduga pengaturan skor, pada jilid kedua pun terungkap satu sosok anggota PSSI lagi yang juga terlibat match fixing.

Adalah Papat Yunisal, yang disebut memiliki pertan dalam menentukan 'harga' sokongan yang harus digelontorkan Persibara sebagai syarat untuk lolos ke 32 besar Liga 3.

"Dia bilang,'Paling tidak, jika ibu mau naik kasta, harus berkontribusi terhadap PSSI Pusat salah satunya menjadi manajer Timnas'. Saya keluarkan Rp 300 juta. Uang itu untuk hotel, makan dan sebagainya," ujar Lasmi.

"Setahu saya, itu untuk operasional semuanya, exco PSSI pusat yang menentukan nominal itu. Miss T dan exco PSSI pusat Papat Yunisal," sambungnya.

Mencuatnya nama Papat Yunisal menjadi tanda tanya besar bagi publik Tanah Air. Lantas siapakah sosok Papat Yunisal anggota EXCO PSSI yang diduga memiliki peran dalam pengaturan skor tersebut,? Berikut INDOSPORT  mencoba merangkum profl singkat Papar Yunisal.

237