Liga Inggris

3 Alasan Formasi 3-5-2 Harus Digunakan Solksjaer di Debutnya dengan Manchester United

Sabtu, 22 Desember 2018 12:56 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United Copyright: © Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer resmi jadi pelatih sementara Man United

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola asal Inggris, Manchester United, telah menunjuk nama pelatih baru yang bakal membesut tim berjuluk Setan Merah tersebut mengarungi sisa musim di Premier League Inggris 2018/2019 selepas didepaknya Jose Mourinho pada tengah pekan ini.

Nama yang ditunjuk oleh Chairman Manchester United, Ed Woodward, tersebut adalah mantan pesepakbola Norwegia yang dahulu juga merupakan penggawa Manchester United di periode 1997-2007 lalu,  Ole Gunnar Solskjaer

Sejumlah pihak pun menilai, pergantian tampuk kepelatihan dari tangan Mourinho ke Solskjaer bisa menjadi angin segar bagi kubu Manchester United. 

Pasalnya, pengetahuan Solskjaer akan budaya permainan Manchester United terbilang mumpuni lantaran dirinya telah menempuh masa bakti yang terbilang lama untuk The Red Devils. 

Namun, hal ini dirasa tetap akan menjadi bumerang bagi Solskjaer jika pelatih 45 tahun tersebut gagal mengoptimalkan kinerja United dari segi formasi, terlebih pada debut kepelatihannya bersama Manchester United yang berlangsung pada Minggu (23/12/18) dini hari WIB nanti. 

Sebagaimana diketahui, di bawah asuhan Mourinho, Manchester United lebih sering menerapkan formasi 4-3-3 atau 4-5-1 yang terbukti tidak begitu ampuh di musim ini. 

Dengan demikian, Solskjaer dinilai perlu untuk mencari alternatif lain dalam hal formasi. 

Formasi 3-5-2 pun dinilai sebagai opsi yang tepat untuk diterapkan Solskjaer, terutama guna memberikan kesan pertama yang baik di hadapan petinggi United di laga melawan Cardiff akhir pekan nanti. 

Dilansir dari portal berita olahraga Sportskeeda, berikut INDOSPORT rangkum tiga alasan Solskjaer harus menggunakan formasi 3-5-3 di laga perdananya bersama Mancehster United.