Bursa Transfer

Liverpool Bisa Gagal Puncaki Premier League Musim Ini Jika Transfer Ini Terjadi

Selasa, 1 Januari 2019 15:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Virgil van Dijk saat menjegal Romelu Lukaku Copyright: © Getty Images
Virgil van Dijk saat menjegal Romelu Lukaku

INDOSPORT.COM  - Keberhasilan Liverpool memuncaki klasemen di paruh pertama Premier League musim 2018/19 tidak akan terjadi begitu saja apabila mereka membiarkan Manchester City memboyong Virgil Van Dijk awal tahun lalu, menurut pakar bursa transfer Duncan Castles.

Kembali ke bursa transfer Januari 2018, The Reds maupun Langit Biru pernah saling sikut untuk mendapatkan jasa pemain bek berkualitas itu dari Southampton.

Namun, pada akhirnya kubu Jurgen Klopp-lah yang memenangkan persaingan tersebut dengan membayar klausul pelepasan sebesar 75 juta poundsterling atau setara dengan Rp1,3 triliun.

Man City, di sisi lain, memilih mendaratkan Aymeric Laporte dari Atletic Bilbao dengan nilai pembelian yang lebih murah, yakni sebesar 57 juta poundsterling atau Rp1 triliun.

“Jika Manchester City tidak menolak harga yang diinginkan Southampton untuk Van Dijk, dan tidak menolak gaji yang diminta Van Dijk dan merekrutnya, saya tidak berpikir Liverpool akan memuncaki (klasemen) Liga Inggris saat ini,” kata Castles dalam acara podcast Transfer Window yang dinukil dari Sport Express.

“Sebagai contoh, saya tidak berpikir Liverpool akan membeli (Aymeric) Laporte karena mereka gagal mendapatkan Van Dijk,” ujar Castles.

Bisa dipahami bahwa kontribusi Van Dijk amatlah besar bagi kubu The Reds musim ini. Selain kemampuannya menekel lawan, Van Dijk juga mencatatkan gol dan assist serta statistik yang lebih mumpuni dibandingkan rekan setimnya.

“Tidak mungkin Laporte mampu menghasilkan apa yang dilakukan Van Dijk untuk Liverpool dengan bermain di lini pertahanan mereka," Castles melanjutkan.

“Pada saat yang sama, jika Anda menempatkan Van Dijk ke lini pertahanan Man City, saya pikir dia jauh lebih baik saat menangani kesulitan seperti yang mereka hadapi ketika tanpa Fernandinho dibandingkan Laporte dan John Stones.”

“Ingat, mereka berdua merupakan bek tengah yang masih sangat muda, keduanya banyak dipilih karena kemampuan kreatifnya, mereka lebih banyak memberikan umpan daripada perannya sebagai bek murni,” ucap Castle.

Liverpool saat ini memuncaki klasemen Premier League Inggris, unggul tujuh poin dari Man City dengan raihan 54 poin. Kedua kubu akan dipertemukan dalam laga panas di Etihad pada hari Jumat (04/01/18) dini hari WIB.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT