Liga Inggris

4 Pertandingan Penting yang Menjadikan Virgil Van Dijk Pahlawan Liverpool

Rabu, 2 Januari 2019 18:18 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Virgil van Dijk saat menjegal Romelu Lukaku Copyright: © Getty Images
Virgil van Dijk saat menjegal Romelu Lukaku

INDOSPORT.COM – Tepat satu tahun yang lalu, Virgil Van Dijk menginjakkan kakinya di Anfield, markas Liverpool, setelah meninggalkan Southampton melalui bursa transfer musim dingin. Kontribusinya selama satu tahun sangat berarti dan kini ia menjelma menjadi pahlawan The Reds di hampir semua kompetisi.

Liverpool merogoh kocek sebesar 75 juta poundsterling atau setara dengan Rp1,3 triliun untuk mengamankan bek internasional Belanda pada 27 Desember 2017. Ia tiba lima hari kemudian untuk bermain di bawah besutan Jurgen Klopp.

Van Dijk memiliki bakat yang luar biasa, terutama dalam aspek kekuatan, kecepatan serta ketika memimpin dan membangun pertahanan. Ia juga mampu menghadirkan suasana permainan yang tenang meskipun lawannya begitu menekan.

Van Dijk dijuluki salah satu bek terbaik musim ini. Dampak yang ia ciptakan di lini pertahanan jelas terlihat tatkala Liverpool menjalani paruh pertama musim Premier League 2018/19 dengan memuncaki klasemen sementara dengan raihan 54 poin, terpaut enam poin dari Tottenham di posisi kedua dengan 48 poin.

Walaupun dirinya mampu memukau banyak orang di setiap pertandingan Liverpool, Indosport.com merangkum empat pertandingan penting yang membuatnya menjadi pahlawan bagi kubu Merseyside musim ini:

1