Bola Internasional

Era Ronaldo dan Messi Berakhir, Kini Mbappe dan Neymar yang Kuasai Pasar Sepak Bola

Selasa, 8 Januari 2019 08:38 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Kylian Mbappe dan Neymar berselebrasi saat PSG vs Red Star di Liga Champions. Copyright: © Getty Images
Kylian Mbappe dan Neymar berselebrasi saat PSG vs Red Star di Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Rivalitas Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi menjadi yang paling dominan di dunia sepak bola dalam satu dasawarsa belakangan. Sejak kemunculan  di tahun 2004/05, kedua pemain ini langsung disebut sebagai generasi berikutnya dari pesepak bola terbaik sepanjang masa setelah Pele dan Diego Maradona.

Ronaldo dan Messi pun saling berbagi penghargaan sebagai pemain terbaik di sejumlah ajang penghargaan. Hanya Luka Modric yang akhirnya memutus rantai dominasi kedua pemain tersebut musim lalu.

Hal ini juga menguat usai CIES Football Observatory, sebuah lembaga riset olahraga meneliti tentang nilai pasar para pesepak bola dunia. CIES seperti dikutip dari Sport Bible (07/01/19) menyatakan bahwa kini Kylian Mbappe, Harry Kane, dan Neymar yang menguasai nilai pasar sepak bola dunia.

Mbappe menjadi pemain dengan nilai pasar tertinggi yang ditaksir memiliki nilai jual sebesar 196 juta pounds atau setara dengan Rp3,5 triliun. Kane tanpa diduga berada di posisi kedua dengan taksiran nilai pasar sebesar 180 juta pounds atau setara dengan Rp3,2 triliun.

Neymar berada di peringkat ketiga dengan nilai pasar mencapai 177 juta pounds atau setara dengan Rp3,1 miliar. Hal cukup mengejutkan justru terjadi pada Messi yang berada di posisi ke-7 di bawah Raheem Sterling, Mohamed Salah, dan Paulo Dybala.

Sementara Ronaldo justru tidak lagi masuk 10 besar pemain dengan nilai pasar tertinggi menurut CIES. Pemain Juventus tersebut hanya menempati peringkat ke-19.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM