Bola Internasional

Bikin Rusak Kompetisi, Bayern Munchen Tak Bisa Lagi Rampok Tim Bundesliga

Kamis, 17 Januari 2019 05:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
logo Bayern Munchen. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Wikipedia
logo Bayern Munchen.

INDOSPORT.COM - Bayern Munchen menjadi tim yang mendominasi Bundesliga Jerman sejak 5 musim belakangan. Hal ini tak lepas dari kemampuan transfer Munchen yang dilakukannya sejauh ini.

Mirip dengan Juventus di Italia, Munchen juga dikenal piawai mendatangkan sejumlah bintang dengan cara gratis. Sebut saja Manuel Neuer, Leon Goretzka, Niklas Sule, hingga Benjamin Pavard yang akan didatangkan musim depan bergabung dengan status bebas transfer.

Namun yang paling merasakan dampak tersebut adalah Borussia Dortmund yang setidaknya kehilangan 3 pemain andalannya gara-gara ulah Munchen tersebut.

Robert Lewandowski, Mario Goetze, hingga Mats Hummels merupakan produk bajakan Munchen dari rival klasiknya tersebut.

Hal ini membuat Dortmund dalam kesepakatan internalnya dibocorkan oleh Bild (16/01/19) disebut kapok melepas pemainnya ke Munchen. Dortmund bertekad untuk tak lagi menjual pemain ke Munchen pada masa mendatang.

"Tidak akan ada pemain yang ditransfer ke Munchen dalam masa mendatang," tulis Bild.

Meskipun tidak terlalu berdampak pada regenerasi, namun kubu Dortmund mengklaim bahwa Munchen bisa merusak kompetisi. 

Dortmund menilai bahwa keberadaan pemain kunci yang dibajak dari klub lain berpotensi melemahkan lawan-lawan mereka di kompetisi lokal.

Padahal, tidak seluruh pemain kemudian berguna di klub tersebut. Goetze, Sule, dan Goretzka pun akhirnya tersingkir dari tim setelah tak mendapatkan tempat karena persaingan yang panas.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bursa Transfer Lainnya Hanya di INDOSPORT