Liga Indonesia

Sepak Bola Masuk Tema Debat Pilpres 2019? Justinus Lhaksana: Tidak Ada Gunanya!

Jumat, 18 Januari 2019 14:23 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Debat Capres dan Cawapres sepak bola Copyright: © INDOSPORT
Debat Capres dan Cawapres sepak bola

INDOSPORT.COM – Tak bisa dipungkiri pembicaraan di media sosial perihal debat pemilihan Presiden (Pilpres) masih sangat membekas. Debat pilpres yang mempertemukan Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno rupanya banyak menyita perhatian publik.

Hanya saja bagi pecinta olahraga nasional, pasti timbul pertanyaan mengapa debat tidak membahas sepak bola? Padahal sepak bola merupakan kegiatan yang menyangkut hajat orang banyak dan sangat berkaitan dengan tema debat yaitu membahas hukum, HAM, korupsi dan teroris.

Match fixing atau skandal pengaturan skor yang dianggap sebagai biang keladi mandeknya prestasi merupakan kasus yang sebenarnya dapat diangkat dalam debat untuk dicari jalan keluarnya. Tetapi bagi pengamat sepak bola, Justinus Lhaksana, permasalahan di sepak bola Indonesia lebih dari sekadar match fixing.

“Begini saja, puluhan tahun kita tidak berprestasi dan ketua bergantian, ada yang ambil tindakan? Bikin kursus saja gembar-gembor, ada yang niat bikin pembinaan tidak? Ada yang merubah pola kerja tidak? Ada yang merubah sistem administrasi tidak? Sama sekali tidak ada karena mereka (PSSI) tidak peduli,” kecam Justin kepada INDOSPORT.com.

Intinya bagi Justin, semua kebobrokan sepak bola Indonesia diakibatkan tidak pedulinya pengurus PSSI akan berbagai masalah laten. Padahal sudah ada berbagai cara yang dilakukan oleh para pecinta sepak bola dengan demo ke PSSI.

“Dalam dua puluh tahun terakhir berapa orang yang sudah demo untuk kebaikan PSSI? Memangnya digubris? Apalagi sekarang saja mereka (PSSI) kebakaran jenggot karena polisi masuk memberantas mafia, sudahlah lelah saya,” lanjutnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%