Bola Internasional

Sempat Terkendala Izin, Wonderkid Asal Kalimantan Siap Debut di Liga Malaysia

Minggu, 3 Februari 2019 17:47 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Official Sarawak FA
Sarawak FA. Copyright: © Official Sarawak FA
Sarawak FA.

INDOSPORT.COM – Setelah gagal melakoni debut di laga perdana Sarawak FA karena belum mendapat izin resmi dari PSSI, kini wonderkid asal Kalimantan, Muhammad Rian Firmansyah, mengaku siap diturunkan pelatih untuk berlaga di kasta kedua Liga Malaysia tersebut.

Muhammad Rian Firmansyah sendiri merupakan pesepakbola 20 tahun yang sebelumnya bermain sebagai gelandang di klub Liga 3, Persipon Pontianak. Namun, sejak Januari 2019, Rian memutuskan berlabuh ke klub asal Negeri Jiran Malaysia, yakni Sarawak FA.

Rian menyusul Saddil Ramdhani dan Ahmad Jufrianto yang sudah terlebih dahulu bergabung bersama Pahang FA dan Kuala Lumpur FA.

Namun, pada laga perdana Sarawak FA melawan Negeri Sembilan di Stadion Tunku Abdul Rahman, Sabtu (02/02/19) malam, Rian belum dapat dimainkan pelatih.

Hal ini lantaran International Transfer Certificate (ITC) milik Rian Firmansyah belum dirilis oleh PSSI. Sementara ITC merupakan syarat penting bagi pemain bola untuk berkarir di luar negeri.

“Iya karena belum bisa main, ITC dari PSSI belum ada,” ucap Rian saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT.com pada Sabtu (2/2/19).

Meski demikian, pihak manajemen yang menaungi wonderkid asal Kalimantan tersebut tengah mengupayakan agar Rian dapat tampil di laga kandang Sarawak FA kontra Penang FA, Sabtu (9/2/19) mendatang.

“Rian tanya sama manajemen sih mereka bilang mungkin main di home sudah bisa,” tambah pesepakbola berusia 20 tahun tersebut.

Lebih lanjut, Rian Firmansyah juga menyatakan kesiapannya untuk menjalani debut di Liga Malaysia dan optimis dapat masuk line up utama Sarawak FA sebagai pemain asing Asia.

“Doakan saja Insya Allah masuk starting 11,” tutupnya.

Sarawak FA sendiri mengawali laga perdana dengan kekalahan 2-1 atas Negeri Sembilan. Dengan demikian, tim yang dibela Rian Firmansyah tersebut masih tertahan di peringkat sepuluh klasemen sementara.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga Indonesia Hanya di INDOSPORT.COM.