Liga Indonesia

Menelaah Nasib-nasib Pemain Keturunan Tionghoa di Liga Indonesia

Senin, 4 Februari 2019 16:01 WIB
Editor: Juni Adi
© Indosport.com
Nasib Pemain Keturunan Tionghoa. Copyright: © Indosport.com
Nasib Pemain Keturunan Tionghoa.

INDOSPORT.COM - Masyarakat Indonesia yang berketurunan Tionghoa tengah bersiap untuk menyambut perayaan hari tahun baru Imlek, yang akan jatuh pada Selasa (04/02/19) besok.

Maraknya perayaan Imlek nanti, adalah bukti bahwa Indonesia merupakan negara multi etnis rukun yang banyak diakui dunia. Namun sayang, dalam beberapa tahun terakhir, kondisi kerukunan berwarganegara antar etnis tengah panas di Tanah Air.

Tapi hal tersebut tidak berlaku di dunia sepak bola. Di Indonesia sendiri, sepak bola diartikan bukan hanya sebagai olahraga, melainkan alat pemersatu bangsa.

Segala perbedaan akan menjadi satu, khususnya etnis dan suku. Dalam sejarah dan perkembangannya, sepak bola nasional tidak lepas dari peran para pemain keturunan Tionghoa dalam memajukannya.

Hal itu dibuktikan dari maraknya para pemain berdarah Tionghoa yang berkarier di klub profesional Indonesia, hingga mampu menembus skuat Tim Nasional Indonesia. 

Lantas, seperti apa kiprah dan nasibnya kini? Berikut INDOSPORT merangkum nasib para pemain keturunan Tionghoa yang masih aktif maupun pernah berkiprah di Liga Indonesia dalam beberapa tahun terakhir:

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
3%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
31%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
3%
IDS Emoticon Takut
Takut
7%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
14%
IDS Emoticon Marah
Marah
28%