Liga Champions

KOLOM: Kemenangan atas Man United Bentuk Pemasaran Hebat PSG dan Ligue 1

Rabu, 13 Februari 2019 12:20 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kemenangan 2-0 atas Manchester United di Old Trafford pada leg I babak 16 besar Liga Champions 2018/19 juga berarti sebuah pemasaran luar biasa dari Paris Saint-Germain (PSG) dan Ligue 1 Prancis.

Sejak diakuisisi oleh taipan Qatar, Nasser Al-Khelaifi, pada 2011, PSG memiliki ambisi besar secara global, baik dari segi prestasi maupun popularitas.

Dari segi prestasi, PSG sudah bertahun-tahun membidik trofi Liga Champions. Hal ini kembali ditekankan oleh Al-Khelaifi pada pertengahan 2018.

"Sudah jelas, tujuan besar kami adalah memenangi Liga Champions," kata sang presiden klub.

Sementara itu, PSG juga berharap kenaikan popularitas, terutama di benua Asia dan Amerika. Terkait hal ini, banyak hal yang telah Les Parisiens upayakan.

Mulai dari tur pramusim, seperti yang mereka lakukan pada 2018 di Singapura untuk International Champions Cup, hingga mengundang wartawan dari berbagai negara untuk menyambangi markas klub di Paris.

Hal kedua saya rasakan pribadi di mana ketika pada 2016, saya berkesempatan datang ke Paris untuk memenuhi undangan Asia Media Tour.

PSG mengupayakan agar prestasi dan popularitas dapat berjalan seiring. Hal ini dapat dilihat dari kebijakan transfer pemain.

Sejak 2011, PSG sukses mendaratkan banyak bintang sepak bola, mulai dari David Beckham hingga yang terkini, Neymar.

Salah seorang staf PSG mengaku kepada saya bahwa kebijakan itu telah membuat mereka semakin terkenal, terutama di Amerika Serikat dan Brasil.

Akan tetapi, usaha PSG masih terasa kurang dan bahkan dianggap mengganggu sisi kompetitif di level domestik.

Dominannya PSG di Ligue 1 di mana, kecuali musim 2016/17, mereka selalu juara liga sejak 2011 dianggap mematikan kompetisi.

Imbasnya, Ligue 1 pun dinilai membosankan yang menyebabkan para penikmat sepak bola di dunia malas melirik televisi untuk menyaksikan laga-laga di ajang itu.

Reputasi PSG juga terkena dampak. Tak sedikit pihak meyakini kekuatan mereka hanya berlaku di level domestik.

Semua anggapan miring itu seharusnya terkikis menyusul kemenangan 2-0 PSG atas Man United pada leg I 16 besar Liga Champions, Rabu (13/2/19) dini hari WIB.

6