Bola Internasional

Wonderkid Indonesia Bongkar Kronologis Main di Liga Malaysia, Tanpa Agen dan Tolak Kuliah

Sabtu, 16 Februari 2019 14:40 WIB
Penulis: Martini | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Berbagai cara dilakukan seseorang untuk meraih cita-citanya, termasuk cara untuk menjadi seorang pesepakbola profesional.

Wonderkid Indonesia, Muhammad Rian Firmansyah menceritakan perjalanannya meraih cita-cita untuk bermain sepak bola di luar negeri.

Rian Firmansyah merupakan pemain sepak bola Indonesia asal Pontianak yang menjadi pemain asing Asia untuk Sarawak FA, klub yang bermain di kasta kedua Liga Malaysia. Ia menandatangani kontrak berdurasi satu tahun pada Januari 2019 lalu.

Meski bukan pemain berlabel Timnas, namun kemampuan Rian terpantau oleh pelatih Sarawak FA pada sebuah laga persahabatan, sehingga ia diminta untuk menjalani trial di Malaysia meski tidak memiliki pengalaman di Liga 1 dan datang tanpa ditemani agen.

“Saya pun di sini (Sarawak) bukan karena agen, tapi karena friendly match allstar U-40 bersama ayah saya,” ungkap Rian saat dihubungi awak media olahraga INDOSPORT.

Selama menjalani trial di Sarawak FA, pesepakbola 20 tahun tersebut mengaku telah menolak berbagai tawaran beasiswa untuk kuliah, demi bisa mewujudkan cita-citanya menjadi pemain sepak bola profesional.

“Tiga kali saya ditawari kuliah beasiswa sampai selesai, tapi saya tolak karena takut tidak bisa bermain bola,” ujarnya.

Muhammad Rian Firmansyah sendiri merupakan mantan pemain Persipon Pontianak di Liga 3 Indonesia. Ia juga mengisi waktu luang dengan mengikuti turnamen sepak bola antarkampung alias tarkam sebelum kemudian dikontrak Sarawak FA.

Rian telah menjalani debut perdana di Liga Premier Malaysia bersama Sarawak FA pada Sabtu (09/02/19). Kehadiran wonderkid Indonesia tersebut di sektor sayap turut membawa kemenangan tim atas Penang FA dengan skor 2-0.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Liga 1 dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.