Liga Indonesia

Menerka Formasi yang Digunakan Persebaya Usai Kedatangan Damian Lizio

Minggu, 17 Februari 2019 20:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Damian Lizio (11) saat membela Timnas Bolivia Copyright: © INDOSPORT
Damian Lizio (11) saat membela Timnas Bolivia

INDOSPORT.COM - Persebaya Surabaya selangkah lagi dipastikan bakal mendapat jasa pemain asal Bolivia, Damian Lizio yang saat ini telah tiba di Jakarta. Andai Damian Lizio resmi bergabung, INDOSPORT akan mencoba menerka formasi yang akan diterapkan klub sepak bola Indonesia asal Surabaya itu.

Melansir dari data Transfermarkt, Damian Lizio merupakan seorang pemain bertipikal petarung dan banyak menguasai lini tengah. Hal tersebut terlihat jelas saat ia membela beberapa tim di benua Amerika Latin.

Jika mengandalkan posisi asli Damian Lizio sebagai seorang gelandang, maka skema 4-3-3 bisa menjadi pilihan pertama Persebaya Surabaya.

Dengan mengorbankan Misbakus Solikin atau Fandi Eko Utomo, duetnya bersama Manuchehr Jalilov dipastikan mampu membuat Persebaya kokoh dalam membangun serangan maupun menghentikan aliran bola lawan.

Namun Damian Lizio tak cuma jago sebagai gelandang, pria kelahiran Argentina ini cukup mahir untuk menyisir daerah pertahanan lawan sebagai seorang winger, bahkan dengan kecepatan yang ia miliki sedikit akan memberi keunggulan dalam berakslerasi.

Apabila pelatih Dajajang Nurjaman ingin memanfaatkan kecepatan yang dimiliki Damian Lizio, maka berbagai skema yang menggunakan serangan lewat sayap seperti 4-4-2 ataupun 4-2-3-1 bisa menjadi pilihan.

Sayangnya opsi pemain untuk lini sayap tak bakal berpaling dari duet Osvaldo Haay dan Irfan Jaya, yang memang berperan sentral dalam permainan Persebaya musim lalu.

Dengan berbagai pilihan formasi dan menilik dari kapabiltas sang pemain, tampaknya peran gelandang akan ditugaskan ke Damian Lizio sehingga formasi 4-3-3 menjadi kemungkinan paling besar untuk digunakan pada musim depan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Persebaya Surabaya dan Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%