Liga Spanyol

Jurgen Klopp Solusi Tepat untuk Real Madrid?

Kamis, 7 Maret 2019 12:42 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Irfan Fikri
© Daily Express
Klopp dikabarkan akan menggantikan Solari yang nasibnya terancam dipecat oleh Real Madrid Copyright: © Daily Express
Klopp dikabarkan akan menggantikan Solari yang nasibnya terancam dipecat oleh Real Madrid

INDOSPORT.COM – Merosotnya penampilan Real Madrid belakangan ini membuat posisi pelatih Santiago Solari tak aman. Nama pelatih Liverpool, Jurgen Klopp disebut-sebut jadi incaran Real Madrid untuk jadi pelatih baru Los Blancos.

Berstatus sebagai juara bertahan, Real Madrid tersingkir dari babak 16 Liga Champions musim ini usai dikalahkan Ajax Amsterdam. Penampilan Real Madrid di La Liga juga hanya di peringkat 3 klasemen hingga pekan ke-26, terpaut 12 poin dari seterunya Barcelona yang berada di puncak klasemen.  

Sebelumnya mereka juga kalah dua pertandingan vital kontra Barcelona yakni 0-3 (Copa del Rey) dan 0-1 (LaLiga Spanyol). Apalagi kekalahan El Clasico yang diderita Real Madrid terjadi di kandang sendiri yang tentunya membuat fans kecewa dan geram.

Kondisi ini membuat masa depan Solari terancam, meski di awal kepemimpinannya Solari sempat membawa rasa optimistis setelah gantikan Julen Lopetegui pada akhir tahun lalu.

Menurut laporan dari Independent, manajemen Real Madrid berencana akan menunjuk pelatih baru pada musim panas mendatang, dan nama Jurgen Klopp dianggap menjadi target utama yang potensial untuk menggantikan Solari.

Pihak manajemen percaya bahwa hadirnya juru taktik baru bisa membawa semangat baru dan iklim positif di klub. Dan memang sejak lama Madrid terkesan dengan kinerja Klopp, baik saat bersama Liverpool maupun klub sebelumnya Borussia Dortmund.

Klopp dikenal cerdas meramu taktik dengan ciri khasnya Gegenpressing. Gaya taktik heavy-metal ini dapat membuat para pemain Madrid bisa lebih agresif menekan karena setiap pemain bertanggung jawab kepada satu pemain lawan menjaga area tertentu.

Dengan teknik Gegenpressing yang kerap lakukan pressing secara kolektif, maka dengan gaya Madrid yang kerap mengurung lawan jadi tak terlalu kahawatir lagi ada celah ketika kehilangan bola, karena dengan taktik ini para pemain didesain untuk mengacaukan serangan balik lawan serta dipaksa agar dapat merebut kembali bola secepatnya. 

Namun nampaknya Madrid harus bekerja keras untuk merayu pelatih asal Jerman ini agar mau merapat ke Santiago Bernabeu. Pasalnya, Klopp punya berkomitmen untuk Liverpool untuk kontrak hingga 2022 dengan target penting membawa Liverpool menjuarai Liga Inggris.  

Ketertarikan Madrid pada dapat dimaklumi karena Klopp adalah pelatih sepak bola yang paling diburu banyak klub elit Eropa.   

Musim lalu, perwakilan Klopp, Marc Kosicke, berupaya keras menjauhkannya dari rayuan Bayern Munchen yang ngotot ingin memulangkan mantan pelatih Borussia Dortmund itu kembali ke tanah kelahirannya. 

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Spanyol Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%