Liga Indonesia

3 Momen Terbaik Persib Bandung di Kompetisi Sepak Bola Indonesia Selama 86 Tahun

Kamis, 14 Maret 2019 18:57 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Momen Persib Bandung saat juara Liga Indonesia 2014. Copyright: © INDOSPORT
Momen Persib Bandung saat juara Liga Indonesia 2014.

INDOSPORT.COM - Pada tanggal 14 Maret 1933, sepak bola Indonesia kelahiran klub yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat. Ya, klub itu bernama Persib Bandung dan saat ini menjelma sebagai salah satu klub besar Liga INdonesia.

Sejak kemunculannya ke sepak bola Indonesia, Persib Bandung sudah dikenal sebagai salah satu klub paling bersejarah di sepak bola Indonesia. Sudah berusia 86 tahun, Persib masih sangat eksis di belantika sepak bola Indonesia.

Seperti semua klub besar yang ada di dunia sepakbola, Persib Bandung ternyata tidak selalu berada di kasta tertinggi sepakbola Indonesia.

Bahkan pada 1978 silam, tim kebanggaan Kota Bandung itu harus degradasi ke Divisi I (kasta kedua saat itu) karena penampilan buruk mereka sepanjang musim tersebut.

Persib Bandung berhasil kembali promosi ke Divisi Utama setelah 5 tahun berada di Divisi I. Setelah itu, Persib sangat jarang turun kembali ke kasta kedua kancah sepakbola Indonesia.

Spesial di hari ulang tahun Persib Bandung, INDOSPORT pun coba merangkum sebanyak 3 momen terbaik mereka di kompetisi sepak bola Indonesia selama 86 tahun lamanya.

Promosi ke Divisi Utama 1983 (Kasta Tertinggi saat itu)

© Istimewa
Skuat Persib Bandung tahun 1983. Copyright: IstimewaSkuat Persib Bandung tahun 1983.

Persib Bandung merupakan salah satu klub besar Indonesia yang pernah terdegradasi dari Divisi Utama Perserikatan ke Divisi I pada tahun 1978. 

Setelah menunggu beberapa lama, momen indah tercipta saat Persib kembali promosi ke Divisi Utama Perserikatan pada tahun 1983 silam.

Pelatih asal Polandia, Marek Janota yang ditunjuk oleh pengurus klub sebagai pelatih saat itu berhasil membawa Persib kembali ke kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia.

Lolos dan bermain di Divisi Utama 1983 pun diakui oleh salah satu legenda Persib, Robby Darwis sebagai momen yang cukup menyenangkan.

"Momen indah di Persib banyak. Sebenarnya tahun 1982 itu momen bagus kita bisa mengangkat dari degradasi ke perserikatan," ucap Robby Darwis dalam wawancara ekslusif bersama situs resmi Persib pada 2014 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%