Liga Inggris

Sebelum Liverpool, Xabi Alonso Ternyata Pernah Ditolak Newcastle United

Sabtu, 16 Maret 2019 11:40 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Indra Citra Sena
© Stephen F
Xabi Alonso sempat dibidik Newcastle United sebelum ke Liverpool. Copyright: © Stephen F
Xabi Alonso sempat dibidik Newcastle United sebelum ke Liverpool.

INDOSPORT.COM - Xabi Alonso nyaris berseragam Newcastle United sebelum akhirnya diboyong pelatih Rafael Benitez ke Liverpool pada 2004. Sempat masuk ke radar The Magpies, perekrutan Alonso ternyata tak disetujui manajemen klub.

Hal tersebut dibeberkan mantan anggota tim rekrutmen pemain Newcastle, Charlie Woods. Ia sempat mengajukan nama Alonso, tapi sang bos tidak berminat hanya karena tak mau ada pemain asing di skuatnya.

“Saya pergi ke San Sebastian untuk menonton pertandingan Real Sociedad melawan Barcelona dan saya melihat anak ini (Alonso) beberapa kali,” ujar Woods kepada Chronicle Live, seperti diberitakan Liverpool Echo.

Woods kemudian mendapat undangan dari agen Alonso, Ronnie Rosenthal, untuk datang ke pertandingan Sociedad. Pria yang kini berusia 77 tahun tersebut pun terpukau dengan Alonso lalu saling bertukar kontak dengan direktur klub.

Kembali ke Inggris, Woods langsung melapor ke Bobby Robson yang merupakan manajer Newcastle United saat itu. Sayang, keinginan untuk mendatangkan Alonso tidak berjalan mulus karena manajemen menolaknya.

“Saya menemui Bobby dan berkata, ‘Pemain ini hebat,’ dan sebenarnya kami bisa mendapatkannya dengan harga lumayan murah, tapi kami tidak melakukan apa-apa. Karena beberapa alasan, manajemen tidak setuju sehingga ia akhirnya berlabuh ke Liverpool,” jelas Woods.

“Saya tidak tahu, entah pada saat itu karena sang ketua, Freddy Shepherd, tidak menyukai adanya pemain asing. Kami pun tidak jadi membawa Alonso dan benar-benar sangat disayangkan,” kata Woods lagi dengan nada menyesal.

Batal ke Newcastle, Alonso menuai kesuksesan bersama Liverpool era Benitez sebelum akhirnya hengkang ke Real Madrid pada 2014. Ia menutup karier cemerlangnya bersama Bayern Munchen pada 2017 lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT