Bola Internasional

Persiapan Piala AFF U-18 2019: Garuda Select Berjaya di Inggris, Malaysia Dibantai Klub Jepang

Minggu, 17 Maret 2019 10:27 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Dua kondisi berbeda terjadi di skuat Timnas Indonesia dan Malaysia U-18 jelang gelaran Piala AFF U-18 2019. Sama-sama melakukan persiapan jelang Piala AFF, Malaysia justru dibantai oleh klub Jepang, sementara tim sepak bola Indonesia, Garuda Select (dipersiapkan untuk Piala AFF U-18) justru berjaya selama training di Inggris.

Sejumlah negara-negara Asia Tenggara mulai mempersiapkan tim yang akan berlaga di kompetisi Piala AFF U-18 pada Agustus 2019 mendatang. Salah satunya adalah Indonesia yang mengirimkan para pemain tim nasional untuk berlatih dan menjalani uji coba di Inggris dengan tajuk Garuda Select.

Sejak Januari lalu, Supriyadi dan kawan-kawan sudah menjalani latihan intensif di bawah asuhan legenda Chelsea, Dennis Wise dan eks Sampdoria, Des Walker. Tak lupa, pelatih anyar yang ditunjuk PSSI untuk menukangi Timnas U-18, Bima Sakti juga turut memantau perkembangan anak asuhnya tersebut.

Selain latihan fisik dan taktik, para pemain Garuda Select juga melakoni sejumlah laga ujicoba melawan klub dari akademi sepak bola muda Inggris. Teranyar, mereka sukses menumbangkan Blackburn Rovers U-18 dengan skor telak 4-0 pada Selasa (12/03/19) lalu.

Kemenangan atas tim kasta teratas liga sepak bola muda Inggris tersebut menggenapkan catatan gemilang Garuda Select. Total mereka telah mengemas 4 kemenangan, 1 hasil imbang dan 2 laga berakhir dengan kekalahan.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ASEAN FOOTBALL (@asean.football) on

Perolehan ini berbanding terbalik dengan Timnas U-18 Malaysia yang justru harus tersingkir di ajang Sanix Cup 2019 di Fukuoka, Jepang. Setelah dilumat dua tim Jepang yang masing-masing mengemas skor 0-5 dan 0-2, laga terakhir Malaysia menghadapi Otsu High School pada Jumat (15/03/19) lalu juga berakhir dengan kekalahan tipis 0-1.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by ASEAN FOOTBALL (@asean.football) on

Kekalahan Timnas U-18 Malaysia dari sejumlah tim sepak bola muda Jepang membuat pelatih Bojan Hodak murka. Menurutnya, kualitas pemain Malaysia masih jauh ketinggalan dari Jepang dan sistem sepak bola Malaysia yang belum tepat.

“Mereka tidak mampu memberikan perlawanan, kami akan pulang ke Malaysia dan mencari pemain baru,” sebut Bojan Hodak.

Sebagaimana diketahui perhelatan Piala AFF U-18 2019 akan dilangsungkan di Vietnam pada 4-18 Agustus 2019. Indonesia akan menurunkan mayoritas pemain yang pernah menjuarai Piala AFF U-16 2018 lalu, yakni Supriyadi dan kawan-kawan, yang saat ini tengah berlatih dan menjalani laga uji coba di Inggris dalam program Garuda Select.

Ikuti Terus Update Informasi Seputar Piala AFF 2019 Hanya di INDOSPORT.COM.

950