Liga Indonesia

Apa Kabar 7 Klub Pendiri PSSI, Induk Tertinggi Sepak Bola Indonesia?

Senin, 18 Maret 2019 17:44 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Apa Kabar 7 Klub Pendiri PSSI, Induk Tertinggi Sepak Bola Indonesia. Copyright: © INDOSPORT/Yooan Rizky Syahputra
Apa Kabar 7 Klub Pendiri PSSI, Induk Tertinggi Sepak Bola Indonesia.

INDOSPORT.COM - Terdapat Tujuh klub sepak bola Indonesia yang menjadi pendiri PSSI atau induk tertinggi olahraga si kulit bundar Tanah Air. Kini bagaimana kabarnya?

PSSI lahir pada 19 April 1930 silam atau tepatnya menuju usia 89 tahun. Tentu banyak sekali gebrakan yang dilakukan PSSI di dunia sepak bola Tanah Air.

Berdirinya PSSI tak lepas dari insinyur lulusan Jerman Soeratin Sosrosoegondo yang ditandatangani oleh tujuh klub Indonesia.

Tujuh klub yang dimaksud adalah Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB), dan Perserikatan Sepakraga Mataram (PSM).

Lalu Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB), Madioensche Voetbal Bond (MVB), Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM), serta Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

© pssi.org
Logo PSSI. Copyright: pssi.orgLogo PSSI.

Nama-nama tersebut mungkin sangat asing dibaca atau didengar oleh penggemar sepak bola masa kini. Bagaimana kalau nama-nama tersebut diganti dengan yang dikenal sekarang.

Seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, PSIM Yogyakarta, Persis Solo, PSM Madiun, PPSM Magelang, dan Persebaya Surabaya. Tentu sudah tahu, kan?

Setelah lama berdiri kini bagaimana kabar-kabar dari tujuh klub pendiri PSSI sekarang? Mari disimak penjabaran berikut mengenai kiprah mereka.

1. Persija Jakarta

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Selebrasi para pemain Persija Jakarta usai memastikan diri menjadi juara Liga 1 2018. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSelebrasi para pemain Persija Jakarta usai memastikan diri menjadi juara Liga 1 2018.

Persija Jakarta lahir pada 28 November 1928 silam. Banyak sekali transformasi yang terjadi pada klub berjuluk Macan Kemayoran ini.

Klub yang sempat bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ) ini telah banyak mengoleksi gelar juara. Total ada 29 trofi telah diraih oleh Persija.

Mulai dari juara era Perserikatan, Liga 1, hingga kompetisi pra musim Piala Presiden telah digenggam oleh Persija. Jumlah tersebut masih bisa bertambah.

Kini Persija, dalam dua musim terakhir, tengah berjuang membawa nama Indonesia semakin menggema di dunia lewat ajang AFC Cup.

2. PPSM Magelang

© Twitter/@BeritaSemarang
PPSM Magelang vs PSIS Semarang. Copyright: Twitter/@BeritaSemarangPPSM Magelang vs PSIS Semarang.

Kemudian ada PPSM Magelang atau Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) belum pernah meraih gelar juara sejak beridiri pada 1925 (versi berbeda pernah disebut lahir pada 1919).

Prestasi terbaik PPSM Magelang adalah peringkat tiga Perserikatan 1935 serta semifinal Piala Indonesia 2011/2012 lalu. Kini PPSM Magelang berkiprah di Liga 3.

3. Persib Bandung

© Istimewa
Bobotoh arak Persib Bandung juara Piala Presiden 2015. Copyright: IstimewaBobotoh arak Persib Bandung juara Piala Presiden 2015.

Lalu ada Persib Bandung yang juga menjadi pendiri PSSI. Klub yang berjuluk Maung Bandung ini berdiri pada 14 Maret 1933 silam atau 86 tahun silam.

Sejauh kiprahnya, Persib mampu mengoleksi delapan gelar juara. Mulai dari Perserikatan, Liga Indonesia, Liga 1, serta Piala Presiden.

Prestasi tertinggi Persib adalah mampu bermain hingga babak quarterfinals Liga Champions Asia 1995. Lalu babak 16 besar AFC Cup 2015 dan kini Persib tetap eksis di Liga 1.

1.1K