Liga Champions

Mantan Manajer Ajax Sebut Juventus Gunakan Doping di Liga Champions

Selasa, 19 Maret 2019 17:10 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
©
Ajax vs Juventus di final Liga Champions 1995/96. Copyright: ©
Ajax vs Juventus di final Liga Champions 1995/96.

INDOSPORT.COM - Mantan manajer Ajax Amsterdam, David Endt, mengklaim bahwa Juventus menggunakan doping di final Liga Champions musim 1995/96.

Ajax Amsterdam akan bertemu raksasa Italia, Juventus, di babak delapan besar Liga Champions 2018/19. Mereka dijadwalkan akan bertindak sebagai tuan rumah pada Selasa (11/4/19), sebelum bertandang ke Turin pada leg kedua di hari Selasa (17/4/19).

Mantan manajer Ajax periode 1993-2013, David Endt, mengakui bahwa Juventus adalah salah satu kandidat juara Liga Champions musim ini. Namun, ia berharap Ajax dapat tampil maksimal demi membalas dendam di final Liga Champions 1995/96.

"Juve adalah kandidat juara Liga Champions musim ini. Namun, kami memiliki skuat muda berkualitas dunia dengan semangat yang membara untuk mengalahkan mereka," ujar David Endt pada acara di Radio Kis Kis Italia.

"Lebih dari itu kami ingin membalas dendam masa lalu, di mana Ajax dikalahkan Juve dan gagal meraih gelar Liga Champions 1995/96," lanjutnya

David Endt juga menyebut bahwa saat itu Bianconeri berhasil mengalahkan klubnya dan menjadi juara karena terindikasi menggunakan doping. 

"Dengan segala hormat untuk Juve, di laga final itu, Juventus terindikasi menggunakan doping, walaupun tidak ada yang tahu sebenarnya. Kejadian itu masih membekas bagi kami dan penggemar Ajax." pungkas David Endt.

Dilansir dari Reuters, dokter klub Juventus medio 1994-1998 dinyatakan bersalah dan dihukum penjara 22 bulan serta denda karena terbukti menyalahgunakan EPO (hormon pemacu sel darah merah). 

Dalam persidangan yang digelar pada 2004, permasalahan yang diperkarakan terjadi antara tahun 1994-1998, di mana masa itu Bianconeri berhasil meraih tiga gelar domestik dan juara Liga Champions 1995/96. 

Laga final Liga Champions musim 1995/96 yang mempertemukan Juventus dengan Ajax itu digelar di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Rabu 22 Mei 1996. Pertandingan berjalan sangat seru dan harus berakhir dengan skor sama kuat 1-1 lewat gol yang di cetak Ravanelli (Juventus) pada menit ke-12 dan Litmanen (Ajax) pada menit ke-41.

Di dua kali babak tambahan, skor tak berubah dan harus dilanjutkan dengan babak adu penalti. Gawang Ajax yang saat itu dijaga oleh Edwin Van der Sar kemasukan empat gol, sedangkan gawang Juventus yang dikawal oleh Angelo Peruzzi hanya kemasukan dua gol.

Juventus menang dengan skor penalti 4-2 dan berhak atas trofi Liga Champions untuk yang kedua kali sepanjang sejarah klub.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Champions Lainnya Hanya di INDOSPORT