Liga Indonesia

Menerka Striker Utama Timnas di Gelaran Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Selasa, 19 Maret 2019 05:51 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Abdurrahman Ranala
© Media PSSI
Pertandingan Timnas U23 vs Bali United pada Minggu(3/17/2019). Copyright: © Media PSSI
Pertandingan Timnas U23 vs Bali United pada Minggu(3/17/2019).

INDOSPORT.COM - Pelatih Indra Sjafri baru saja mengumumkan 24 nama pemain Timnas yang akan tampil di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020 bulan Maret ini, dan dari daftar tersebut siapakah yang pantas mengisi posisi striker utama?

Disebutkan bahwa 24 nama yang dipilih pelatih Timnas terdiri dari tiga penjaga gawang, delapan pemain belakang, 10 pemain tengah, dan tiga pemain depan.

Sejumlah nama-nama tenar menghiasi skuat Timnas kali ini, mulai dari Asnawi Mangkualam Bahar, Saddil Ramdani, Egy Maulana Vikri, hingga Ezra Walian.

Mengusung formasi 4-3-3 atau 4-2-3-1, Indra Sjafri lebih sering menggunakan satu orang ujung tombak dan memanfaatkan kecepatan pemain sayapnya untuk memberikan umpan-umpan matang ke kotak penalti.

Tipikal striker yang dipilih pun tak cuma jago dalam finisihing, melainkan mau turun kebawah untuk menjemput bola bahkan membantu pertahanan, serta membuka ruang bagi para sayap ataupun gelandang serang untuk merangsek masuk ke kotak 16.

Hal tersebut juga tercermin dalam pertandingan Piala AFF U-22 lalu, di mana Marinus yang menjadi striker utama sempat turun hingga ke lini tengah untuk menjemput bola bahkan membantu memutus serangan.

Namun dalam menjalankan peran tersebut, Marinus sempat kewalahan lantaran dirinya beberapa kali gagal melakukan dribel saat dari lini tengah, imbasnya momen Timnas untuk mencetak gol menjadi hilang.

Kedatangan Ezra yang unggul dari segi finishing dan tehnik, dapat menutupi kekurangan Marinus tersebut. Namun masalahnya Ezra tak memiliki fisik sekekar Marinus, lawan pun kemungkinan dapat dengan mudah menjatuhkannya.

Begitu pun dengan Dimas Drajad, bahkan pemain PS TIRA Persikabo ini menjadi pemain yang paling kecil dari ketiga striker, namun Dimas memiliki keunggulan lain dari segi kecepatan.

Dari sejumlah analisis tersebut, sosok Ezra Walian tampaknya menjadi pilihan yang pas. Meski tak bertubuh kekar, namun finishingnya ditambah kehadiran Egy yang mampu menyuplai bola bisa menjadi senjata mematikan buat Timnas.

Terus Ikuti Berita Timnas Indonesia dan Piala Asia U-23 Lainnya di INDOSPORT.COM

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%