Liga Indonesia

Termasuk Persib, 5 Klub Liga Indonesia Kabarnya Akan Miliki Museum

Kamis, 21 Maret 2019 15:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© INDOSPORT
Klub Liga Indonesia yang miliki museum, diantaranya Persib Bandung Copyright: © INDOSPORT
Klub Liga Indonesia yang miliki museum, diantaranya Persib Bandung

INDOSPORT.COM - Sejumlah klub sepak bola Indonesia tanpa disadari ternyata memiliki museum. Tempat tersebut kerap dijadikan memori akan sejarah klub.

Museum bisa dibilang sebagai gedung yang besar untuk dipakai menyimpan, merawat, dan melestarikan barang-barang bernilai sejarah yang akan dibuka secara umum.

Museum sepak bola di Indonesia bisa dibilang sangat jarang sekali ada. Bahkan sekelas Tim Nasional Indonesia banyak masyarakat yang kurang mengetahui di mana lokasinya.

Meski begitu beberapa klub sepak bola Indonesia ternyata telah memiliki museum. Hal itu mereka lakukan demi merawat sejarah yang pernah terjadi.

Oleh karenanya mari mengetahui klub Liga Indonesia mana saja yang telah memiliki stadion. Berikut penjabaran redaksi INDOSPORT.

1. Persib Bandung

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Persib
Logo Persib Bandung. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/PersibLogo Persib Bandung.

Persib Bandung menjadi klub yang telah memiliki museum tetapi tidak besar. Museum tersebut dibuat demi menjaga kelestarian sejarah Persib.

Museum kecil tersebut terletak di gedung Graha Persib. Isinya menyimpan atau menampilkan piala-piala yang pernah diraih Persib sejauh ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Keuangan PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono. Bahkan telah dibuka untuk umum.

"Kami juga sudah kumpulkan data-data awal Persib, entah itu kumpulan berita ataupun juga piala yang pernah didapat Persib," terang Teddy, Minggu (24/03/18).

2. Arema FC

© INDOSPORT
Logo Arema FC. Copyright: INDOSPORTLogo Arema FC.

Kemudian juga ada Arema FC yang telah merintis pendirian museum. Hal ini dilakukan agar bisa merawat ingatan akan sejarah klub pada masyarakat.

Namun museum tersebut masih numpang di official store Arema FC yang berada di Jlaan Mayjen Pandjaitan 21, Malang. Isi dari musem tersebut ada trofi, jersey eks pemain, dan banyak lainnya.

Menurut manajer official store Arema FC Tjiptadi Purnomo kalau selama ini klub berjuluk Singo Edan tersebut belum ada museum. Jadi dirintis pelan-pelan.

"Banyak juga Aremania yang beli merchandise sekalian foto dengan barang berserjarah di sini," ujar Purnomo, Kamis (15/11/18).

3. Persija Jakarta

© Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Logo Persija Jakarta Copyright: Grafis: Yuhariyanto/indosport.comLogo Persija Jakarta

Kemudian ada Persija Jakarta yang bakal memiliki museum ketika stadion barunya, yakni Stadion BMW jadi. Manajemen meminta untuk ada museum di dalam stadion.

"Kami ingin nanti ada museum khusus untuk Persija di dalam stadion tersebut," tutur manajer Persija Marsma Ardhi Tjahjoko, Senin (16/03/19).

Ardhi menilai berguna untuk mengenang dan menambah gairah pemain atau masyarakat dalam mengenal Persija Jakarta. Terlebih klub ini sarat sejarah.

4. Borneo FC

© INDOSPORT
Logo Borneo FC Copyright: INDOSPORTLogo Borneo FC

Lalu ada Borneo FC yang juga bakal membangun museum untuk digunakan sebagai wadah menyimpan pernah-pernik klub. Hal itu dicanangkan pada Desember 2014 silam.

Karena dalam waktu sebentar Borneo FC bisa tampil di kasta teratas sepak bola Indonesia. Bahkan ada yang bilang Borneo FC bayi ajaib karena belum genap setahun berkiprah sudah angkat piala.

"Biarkanlah cerita itu menjadi salah satu daya tarik dari sebuah pernak-pernik yang kami simpan di museum nanti," ujar Direktur Binis, Promosi, dan Marketing Borneo FC Novi Umar kala itu.

Akan tetapi hingga kini kabar pembagunan museum Borneo FC tersebut belum terdengar kembali. Entah sudah jadi atau hanya wacana saja.

5. PSM Makassar

© INDOSPORT
Logo PSM Makassar. Copyright: INDOSPORTLogo PSM Makassar.

PSM juga pernah mendapat janji pembangunan museum untuk merawat sejarah dari Pemkot Makassar. Tak hanya museum, patung untuk PSM juga bakal disiapkan.

Karena bagi Pemkot Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto menilai kalau PSM adalah salah satu ikon kota Makassar. Terlebih bisa meningkatkan brand Makassar di dunia.

“Pemerintah akan senantiasa memberi dukungan untuk klub yang kita cintai bersama ini. Dalam waktu dekat saya akan wujudkan harapan kita bersama membangun museum dan patung PSM,” papar Pomanto, Senin (25/04/16) lalu.

Tak menutup kemungkinan kalau ada klub Indonesia lainnya yang telah memiliki museum tetapi belum terekspos oleh publik.

Terus Ikuti Update Liga Indonesia dan Berita Sepak Bola Nasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

33