Liga Spanyol

Unik! Spanyol Bisa Dipecah Menjadi 16 Tim Nasional Sepak Bola Berbeda

Kamis, 21 Maret 2019 17:31 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© The Sun
Pendukung Real Madrid kibarkan bendera Spanyol. Copyright: © The Sun
Pendukung Real Madrid kibarkan bendera Spanyol.

INDOSPORT.COM - Dengan sistem pemerintahan Kerajaan Parlementer, Spanyol memiliki 19 wilayah kekuasaan administratif yang terdiri dalam 17 wilayah otonom dan dua kota otonom. 

Dengan status sebagai daerah otonom, ke-19 wilayah di Spanyol itu memiliki wewenang khusus dalam menjalankan kebijakan fiskal dan legislatif atau pemerintahannya sendiri. 

Wewenang tersebut cakupannya bahkan merambah hingga ke dunia olahraga khususnya sepak bola, yang kemudian membuat enam wilayah otonom Spanyol tersebut memiliki kebebasan untuk membentuk tim nasional (timnas) mereka masing-masing. 

Dengan timnas yang dimiliki, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) juga memberikan mereka kesempatan untuk menggelar pertandingan berlevel internasional, termasuk melawan negara lain yang menjadi anggota FIFA.

Namun memang di antara ke-19 wilayah otonom tersebut, tidak semuannya memiliki kesempatan menjalankan pertandingan karena juga tak memiliki timnas sendiri.

Hanya 16 di antaranya yang hingga kini tercatat memiliki timnas dan pernah melakoni pertandingan internasional.

Yang paling terkenal adalah timnas Catalonia, yang diperkuat beberapa bintang dari salah satu klub tersukses di Spanyol, Barcelona. Selain Barcelona, ada juga Andalucia, Basque, hingga Canary Islands.

Untuk lebih lengkapnya, berikut INDOSPORT merangkumkan daftar lengkap 16 timnas yang ada di wilayah kerajaan Spanyol, beserta nama bintang dan tanggal pertama mereka menjalani pertandingan.