Bola Internasional

Sir Alex Jadi Inspirasi Gareth Southgate Dalam Mengasuh Para Pemain Muda Inggris

Minggu, 24 Maret 2019 18:43 WIB
Penulis: Bagas Rahadian | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Euro Sport
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate bersama Marcus Rashford Copyright: © Euro Sport
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate bersama Marcus Rashford

INDOSPORT.COM - Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, mengaku banyak belajar dari Sir Alex Ferguson terkait metode merawat  para pemain muda di skuat yang tengah ia bina.

Southgate mengambil keputusan dengan memberi kesempatan dua bintang belia Inggris, Jadon Sancho dan Callum Hudson-Odoi, untuk memperkuat skuat The Three Lions pada laga Kualifikasi Euro 2020 kontra Republik Ceko, Jumat (22/3/19) lalu.

Keputusan Southgate itu terbukti tepat lantaran Sancho dan Hudson-Odoi mampu tampil cemerlang dan memberi kontribusi berarti dalam kemenangan telak Inggris 5-0 atas Ceko di laga tersebut.

Terkait keputusannya itu, Southgate mengaku ia tidak memiliki keraguan sedikit pun untuk memberikan para pemain muda kesempatan untuk bermain di tingkatan yang lebih tinggi.

Selain itu, Southgate mengakui pandangannya yang terbuka terhadap para pemain muda itu diperolehnya dengan melihat gaya melatih Sir Alex yang mampu mengasah kemampuan para pemain mudanya.

''Saya selalu berpikir bagaimana Sir Alex menangani Ryan (Giggs, ketika masih menjadi pemain muda) dan bagaimana Sir Alex melakukannya (mengeluarkan kemampuan pemain muda) begitu baik. Mereka mampu menjaga kesuksesan  di Manchester United karena hal itu,'' ucap Southgate, seperti dikutip dari Sky Sports.

''Jadi, meskipun para pemain muda itu bukan pemain kami setiap hari, saya pikir kami memiliki tanggung jawab untuk mengeluarkan kemampuan terbaik mereka sebanyak yang kami bisa, karena kami juga harus membantu meningkatkan kualitas mereka,'' pungkasnya.

Kemenangan gemilang Inggris tercipta berkat hattrick Raheem Sterling, penalti Harry Kane, dan gol bunuh diri pemain Ceko, Tomas Kalas.

Ikuti Terus Kabar Sepak Bola Internasional dan Olaharaga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM