Liga Indonesia

Tantang Myanmar, Timnas Indonesia Fokus Kembalikan Kebugaran

Jumat, 5 April 2019 17:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© pssi.org
Timnas Wanita Indonesia. Copyright: © pssi.org
Timnas Wanita Indonesia.

INDOSPORT.COM - Timnas wanita Indonesia akan menghadapi tuan rumah, Myanmar, pada laga kedua babak II Kualifikasi Pra Olimpiade Tokyo 2020, Sabtu (06/04/19) mendatang. Untuk itu, tim asuhan Rully Nerre pun telah mempersiapkan diri dengan baik, terutama mengembalikan kondisi fisik para pemain. 

Semua anggota Timnas fokus pada pengenjotan fisik, stamina, recovery , dan relaksasi setelah menjalani laga perdana melawan India dua hari lalu. Tim pelatih ingin mengembalikan kondisi kebugaran pemain, dengan melakukan latihan fisik selama 2 jam yang dipimpin langsung oleh pelatih fisik Timnas wanita, Sofie Imam Faizal.

"Kita mengembalikan lagi kondisi kebugaran para pemain hari ini setelah menjalani pertandingan pada kemarin sore. Hari ini pemain sudah diberikan waktu yang cukup untuk tidur dan beristirahat, jadi kita melakukan latihan fisik selama 2 jam," ucap Sofie Imam.

"Kita memaintain lagi kondisi dari para pemain, yang cedera atau kurang fit, sudah kami sarankan untuk bertemu fisioterapis pada pagi hari. Sesi sore hari lebih fokus pada kebugaran untuk semuanya karena semua sekarang sudah fit," imbuhnya.

Para pemain Timnas wanita juga diberi sesi latihan fisik di dalam ruang gimnastik. Zahra Musdalifah dan kawan-kawan melakukan latihan dengan menggunakan alat yang bertujuan untuk menjaga stamina dan kekuatan, latihan otot kaki dan tangan, ketahanan, keseimbangan, serta latihan beban.

Tujuannya tak lain untuk membangkitkan otot-otot para pemain setelah menjalani pertandingan perdana kemarin.

Sesi latihan fisik ditutup dengan sesi relaksasi di kolam berenang. Sebanyak 20 pemain Timnas Wanita pun diharuskan untuk berenang selama 30 menit sebelum menutup sesi latihan fisik.

"Ada sedikit games keseimbangan selama relaksasi di kolam renang. Hal ini penting sehingga para pemain bisa merasa rileks sebelum menghadapi pertandingan besok," jelas Sofie Imam.

Laga melawan Myanmar sangat krusial dan Indonesia wajib memenangkan pertandingan jika ingin membuka peluang lolos ke babak berikutnya. Pasalnya, di laga pertama, skuat Garuda Pertiwi menyerah kalah dari India dengan skor 2-0.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya di INDOSPORT