Liga Indonesia

Perjalanan Persebaya Surabaya di Piala Presiden 2019: Susah Payah di ‘Jalan Berbatu’

Senin, 8 April 2019 12:37 WIB
Editor: Coro Mountana
© Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Tim Persebaya Surabaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com Copyright: © Fitra Herdian/Indosport.com
Skuat Tim Persebaya Surabaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com

INDOSPORT.COM – Akhirnya ajang sepak bola bergengsi di Indonesia, Piala Presiden 2019 telah sampai di partai puncak dengan menyisakan dua tim terkuat.

Final Piala Presiden 2019 sendiri akan mempertemukan Persebaya Surabaya vs Arema FC yang akan berformat dua leg. Pertama Persebaya akan menjadi tuan rumah di 9 April baru setelah itu, di 3 hari kemudian, ganti Arema yang main di kandang.

Final yang bertajuk derbi Jawa Timur itu diyakini akan berjalan dengan sangat menarik, mengingat kedua tim dihuni oleh sejumlah bintang kenamaan di sepak bola Indonesia. Terkhusus Persebaya Surabaya yang harus bersusah payah untuk mencapai final Piala Presiden 2019 bak di ‘jalan berbatu’.

Kiprah Persebaya di Piala Presiden 2019 bermula di grup A yang dimainkan di Bandung dan berisi Persib Bandung, Tira-Persikabo, Perseru Serui. Awalnya Persebaya sempat merasakan kesulitan setelah sempat tertinggal 0-2 dari Perseru Serui yang kini ganti nama jadi Badak Lampung FC.

Beruntung Persebaya Surabaya mampu bangkit melalui brace Amido Balde dan Manuchekhr Dzhalilov. Sehingga Persebaya Surabaya sanggup mengunci laga perdana dengan kemenangan krusial 3-2 atas Perseru Serui.

© Fitra Herdian/Indosport.com
Selebrasi Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya) saat membobol gawang Persib Bandung. Copyright: Fitra Herdian/Indosport.comSelebrasi Manuchekhr Dzhalilov (Persebaya) saat membobol gawang Persib Bandung.

Di laga kedua, Persebaya terjebak dalam duel yang sangat sengit dengan tuan rumah Persib Bandung. Kembali sempat tertinggal lagi, tapi Persebaya Surabaya selalu berhasil mengakhiri laga dengan kemenangan dengan skor 3-2 melalui brace Dzhalilov dan Irfan Jaya.

2 kemenangan yang sudah ada di tangan membuat langkah Persebaya untuk lolos ke 8 besar menjadi sangat ringan karena hanya butuh hasil imbang dengan Tira-Persikabo. Ternyata duel tersebut berakhir dengan skor imbang tanpa gol yang memastikan Persebaya lolos ke 8 besar.

Lantas bagaimana dengan kiprah Persebaya Surabaya di babak knockout 8 besar Piala Presiden 2019?