In-depth

Sudah Saatnya Papua Tak Hanya Bertumpu pada Persipura Jayapura Saja

Senin, 8 April 2019 08:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© INDOSPORT
Persipura Jayapura dan map Papua Copyright: © INDOSPORT
Persipura Jayapura dan map Papua

INDOSPORT.COM - Papua. Sebuah pulau di wilayah Indonesia timur yang memiliki jutaan keindahan di dalamnya. Aneka macam surga berkumpul di Papua baik itu flora, fauna, hingga alam sekitarnya.

Papua bukan hanya tentang bagaimana alam memanjakan jiwa dan raga saja yang menjadi sorotan dunia. Tetapi juga akan salah satu olahraga yang begitu populer di alam semesta, yakni sepak bola.

Sepak bola di tanah Papua bukannya hal baru. Olahraga yang biasanya dimainkan 11 orang melawan 11 pemain lainnya ini telah lama menginjakkan kaki di Papua, tepatnya pada 1925 silam.

Bicara tentang sepak bola Papua tak lepas dengan yang namanya klub raksasa dari Indonesia timur, yakni Persipura Jayapura. Klub yang berdiri 1963 ini mampu menjadi produk penghasil pemain berbakat bagi industri sepak bola nasional.

© Sudjarwo/INDOSPORT
Skuat Persipura usai menjalani sesi latihan akhir. Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTSkuat Persipura usai menjalani sesi latihan akhir.

Mulai dari Dominggus Waweyai, Henky Heipon, Rully Nere, Aples Tecuari, Elie Aiboy, Boaz Solossa, Osvaldo Haay, hingga Todd Rivaldo Ferre adalah talenta milik Papua yang bersinar sampai ke level Timnas Indonesia.

Rasanya julukan Mutiara Hitam memang sangat pantas disematkan untuk Persipura Jayapura. Sebab banyak mutiara atau berlian terpendam dari bumi penghasil emas itu lahir ke permukaan.

"Papua akan selalu menjadi gudang dari talenta sepak bola nasional," aku pelatih asal Brasil Fabio Oliveira saat berbincang dengan INDOSPORT terkait pemain Papua di Timnas Indonesia, Minggu (04/11/18) lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%