In-depth

Sudah Saatnya Papua Tak Hanya Bertumpu pada Persipura Jayapura Saja

Senin, 8 April 2019 08:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Formasi Timnas Indonesia jika diisi oleh pemain-pemain Papua. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Formasi Timnas Indonesia jika diisi oleh pemain-pemain Papua.
Produksi Pemain ke Timnas

Klub-klub Papua memiliki potensi untuk menggali lebih banyak mutiara di dalamnya. Sebab anak-anak Papua sudah tak bisa dipisahkan dengan yang namanya sepak bola.

Berkiblat pada sepak bola Brasil, pemain Papua mempunyai kemampuan alami yang dimiliki tiap wilayah masing-masing. Ada yang mengandalkan kecepatan, gocekan, tendangan keras, hingga lain-lainnya.

Diharapkan nantinya akan muncul regenerasi Boaz Solossa dan Todd Rivaldo Ferre yang baru di masa depan. Jika klub-klub asal Papua lainnya bisa bermain di Liga 1 Indonesia dan bertahan lama.

Dengan banyaknya pemain Papua, tentu saja berujung dengan persaingan ketat dalam membela Timnas Indonesia. Apalagi pemain Papua tak bisa dilepaskan begitu saja dengan kiprah Timnas Indonesia.

Mengingat saat ini para talenta Papua sempat terpinggirkan dalam membela Timnas Indonesia. Puncaknya adalah saat Skuat Garuda bermain di kompetisi sepak bola internasional Piala AFF 2018.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Marinus Wanewar berusaha mengambil bola dari Todd Ferre Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTMarinus Wanewar berusaha mengambil bola dari Todd Ferre

Dalam 23 nama yang dipanggil tak ada satupun perwakilan dari Papua. Bahkan sosok Boaz Solossa (kapten Persipura) yang memiliki segudang pengalaman bersama Timnas Indonesia juga tak dipanggil.

Tentu saja hal ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Jika berkaca pada sejarah, sejumlah gelar yang diraih Timnas Indonesia juga tak lepas dari andil para pemain Papua.

Oleh karenanya, Papua tak harus selalu mengandalkan Persipura Jayapura untuk mencetak pemain lokal menjadi bintang. Persipura harus mendapat bantuan dari klub Papua lainnya.

Dengan begitu tradisi pemain Papua membela Timnas Indonesia tak terputus lagi seperti beberapa waktu lalu. Tentunya dukungan kompetisi usia dini akan membantu proses menemukan mutiara terpendam dari Papua.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%