Liga Italia

Tersandung Kasus FFP, AC Milan Tak Bisa Main di Eropa Musim Depan?

Kamis, 11 April 2019 19:35 WIB
Penulis: Shella Aisiyah Diva | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Tullio M. Puglia / Getty Images
Pemain AC Milan melakukan selebrasi setelah Krzysztof Piatek berhasil mencetak gol ke gawang Juventus pada menit ke-39 pada Minggu (06/05/19) dini hari. Tullio M. Puglia / Getty Images Copyright: © Tullio M. Puglia / Getty Images
Pemain AC Milan melakukan selebrasi setelah Krzysztof Piatek berhasil mencetak gol ke gawang Juventus pada menit ke-39 pada Minggu (06/05/19) dini hari. Tullio M. Puglia / Getty Images

 INDOSPORT.COM – Kasus Financial Fair Play (FFP) yang kembali menimpa AC Milan membuat klub asuhan Gennaro Gattuso  terancam batal bermain di kompetisi Eropa musim depan.

Melalui situs resminya, UEFA merilis pernyataan pelanggaran FFP AC Milan yang dilakukan di tiga musim sebelumnya, yaitu musim 2014/15, 2015/16 dan 2016/17. Kasus ini pun sudah diadukan UEFA ke Badan Kontrol Keuangan Klub (CFCB) dan sedang dalam tahapan investigasi.

Jika terbukti melanggar FFP, AC Milan akan dikenakan larangan bermain di seluruh kompetisi Eropa musim depan. Apabila itu sampai terjadi, tentunya akan menyebabkan kerugian besar bagi Kubu Merah-Hitam, ketika mereka sedang berjuang untuk bisa bermain di Liga Champions 2019/20.

Padahal, AC Milan saat ini sedang dalam pembuatan mega proyek untuk kembali membangun klub agar bisa kembali menjadi penantang juara di musim 2019/20. 

Jika mereka gagal bermain di Liga Champions musim depan, maka akan berakibat fatal pada keuangan klub, dan dapat dipastikan kalau upaya mereka untuk menggaet pemain-pemain top dunia akan jauh lebih sulit.

Selain itu, larangan bermain di kompetisi Eropa juga akan membuat para pemain bintangnya mulai berpikir untuk angkat kaki dari San Siro. Hal ini akan menjadi malapetaka bagi klub yang sudah menjuarai Liga Champions sebanyak tujuh kali itu.

Keinginan i Rossoneri untuk bisa menggaet Maurico Pochettino sebagai pengganti Gennaro Gattuso pun tentu akan semakin melalui jalan terjal, seandainya mereka sampai terbukti melanggar FFP dan mendapat larangan bermain di kompetisi Eropa musim depan.

AC Milan saat ini  masih menempati peringkat keempat klasemen sementara Serie A 2018/19 dengan 52 poin setelah pada pertandingan pekan ke-31 kemarin, mereka kalah 1-2 atas Juventus di Stadion Allianz pada Sabtu (06/04/19) lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Italia Lainnya Hanya di INDOSPORT

6