Liga Indonesia

Pertandingan Klasik: Skor 6-1, Kemenangan Terbesar Persebaya atas Arema FC di Liga Indonesia

Jumat, 12 April 2019 12:11 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Yohanes Ishak
© Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Ribuan Bonek mendukung Persebaya saat pertandingan melawan Arema FC (06/05/18). Copyright: © Fitra Herdian Ariestianto/INDOSPORT
Ribuan Bonek mendukung Persebaya saat pertandingan melawan Arema FC (06/05/18).

INDOSPORT.COM Pertandingan klasik dengan skor mencolok 6-1, menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah tim Persebaya Surabaya atas Arema FC di Liga Indonesia.

Perseteruan Arema FC dan Persebaya Surabaya sendiri telah berlangsung cukup lama, tepatnya dimulai pada tahun 1992 saat kedua kesebelasan bertemu di Piala Utama.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Mattoangin, Makassar tersebut, Arema FC berhasil keluar sebagai pemanang usai menaklukan Persebaya dengan skor tipis 2-1.

Selapas laga tersebut, duel Arema dan Persebaya semakin memanas dalam hal meraih juara dan predikat klub terbaik di Jawa Timur. Total hingga tahun 2019 ini, ada 32 pertandingan dari kedua kesebelasan yang telah terjadi.

Dari sekian banyak duel sengit terebut, ada satu laga yang mungkin sulit dilupakan oleh para pendukung Arema FC, yakni saat Singo Edan dibekuk Persebaya setengah lusin gol.

Kejadian tersebut terjadi di ajang Liga Indonesia musim 1996/97, saat itu Arema FC bertandang ke markas Persebaya Surabaya dalam lanjutan babak kualifikasi pertama zona Barat.

Pada musim tersebut, Liga Indonesia menggunakan sistem zona grup yang terbagi dalam zona Barat, Timur, dan Tengah. Kompetisi juga dimulai dari empat babak, yakni babak pertama, kedua, semifinal hingga final.

Persebaya dan Arema yang tergabung dalam zona Barat saling bertanding di babak pertama, pada pertemuan pertama 26 Maret 1997, Persebaya menang 6-1 atas Arema, sedangkan di pertemuan kedua hanya berakhir imbang 1-1.

Kemenangan tersebut menjadi kemenangan terbesar sepanjang sejarah Persebaya atas Arema, dan menariknya usai kemenangan tersebut Persebaya keluar sebagai juara Liga Indonesia 1996/97 usai menaklukan Bandung Raya di final.

Sore ini, Jumat (12/04/19), duel bertajuk derbi Jawa Timur antara Arema FC vs Persebaya Surabaya akan kembali tersaji dalam ajang final leg kedua Piala Presiden 2019 di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Kemenangan akan sangat dibutuhkan Bajul Ijo, usai di leg pertama hanya mampu bermain imbang 2-2, sehingga skor 0-0 pun sudah cukup bagi sang rival untuk berpesta di markas sendiri.

Berbekal sejarah kemenangan terbesar di masa lalu, mampukah Persebaya kembali mengulang capaian manisnya dengan mengalahkan sang rival dan berdiri kokoh sebagai pengangkat trofi di akhir kompetisi? Jawabannya akan tersaji pada laga sore nanti.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Indonesia di Piala Presiden 2019 dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

661