Liga Indonesia

Ada Kursi Kondangan, Ini Fakta Markas Lawan PSM Makassar di Piala AFC 2019

Selasa, 16 April 2019 18:11 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Indosport/Yooan Rizky Syahputra
3 Fakta Stadion Panaad, Kandang Kaya Iloilo FC di Piala AFC 2019. Copyright: © Indosport/Yooan Rizky Syahputra
3 Fakta Stadion Panaad, Kandang Kaya Iloilo FC di Piala AFC 2019.

INDOSPROT.COM - Terdapat fakta menarik mengenai Stadion Panaad, Filipina, yang menjadi kandang KayaIloilo FC jelang melawan wakil klub sepak bola Indonesia, PSM Makassar di Piala AFC 2019.

Pertandingan Kaya-Iloilo FC vs PSM Makassar di Grup H Piala AFC 2019 akan berlangsung pada Rabu (17/04/19) pada pukul 14.00 WIB.

Partai nanti bakal menjadi duel yang begitu sengit mengingat kedua tim sedang berjuang untuk bisa lolos ke babak berikutnya sebagai juara grup.

Akan tetapi ada sisi menarik yang perlu diketahui oleh penggemar sepak bola tentandng fakta dari Stadion Panaad, Filipina yang menjadi Kaya-Iloilo FC di Piala AFC 2019.

Seperti diketahui sedikit kalau Stadion Panaad dibangun pada Agustus 1997 hingga April 1998 silam. Stadion berkapasitas 9 ribu kursi ini juga telah tiga kali direnovasi pada 2007, 2010, dan 2011.

1. Tuan Rumah Ajang Internasional

© Istimewa
Stadion Panaad Par, kandang Filipina di Piala AFF 2018. Copyright: IstimewaStadion Panaad Park, kandang Kaya Iloilo FC.

Fakta menarik pertama adalah kalau Stadion Panaad pernah menjadi tuan rumah ajang internasional seperti kompetisi ASEAN Games 2005 lalu untuk laga sepak bola.

Selain itu Stadion Panaad juga pernah menggelar turnamen kualifikasi Piala AFC 2012 dan 2019 yang saat ini diikuti oleh dua klub, yakni Ceres-Negros dan Kaya Iloilo FC.

Tak hanya itu beberapa acara olahraga seperti AFC Women's Championship (1999), Kualifikasi Piala AFF (2007), FIFA internasional frindly (2012), dan semacamnya.

2. Kursi Kondangan di Ruang Ganti

© Twitter.com/ThaiFootball
Ruang Ganti di Panaad Park Stadium. Copyright: Twitter.com/ThaiFootballRuang Ganti di Panaad Park Stadium.

Kemudian fakta menarik kedua adalah kalau ruang ganti Stadion Panaad diisi oleh kursi plastik yang kerap kali dilihat oleh penggemar sepak bola ketika kondangan.

Beberapa kali momen tersebut diumbar ke dunia maya ketika ada tim sepak bola yang bertandang ke Stadion Panaad, seperti Thailand, Singapura, hingga Indonesia.

Keadaan tersebut kerap mendapat sorotan dari tim-tim yang bermain di Filipina. Akan tetapi hal tersebut seperti tak ada pembenahan hingga sekarang.

3. Bebas Nyamuk

© Wikipedia
Panaad stadion tempat laga Ceres FC melawan Persija Copyright: WikipediaStadion Panaad tempat laga Kaya Iloilo FC vs PSM Makassar di Piala AFC 2019.

Fakta menarik terakhir adalah kalau Stadion Panaad ternyata menjadi tempat yang bebas dari keberadaan nyamuk yang kerap kali mengganggu manusia.

Kondisi ini terjadi karena di Stadion Panaad tepat berada dalam Kompleks Olah Raga Panaad banyak ditumbuhi tanaman eukaliptus seluat 25 hektare.

Eukaliptus mampu membuat serangga dna nyamuk tak kerasan berada di sekitanya. Karena memiliki aroma dan minyak yang terkadung dalam daunnya.

Terus Ikuti Update Piala AFC 2019 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM.

184