Liga Indonesia

Masuk Kalender Resmi AFC, Kratingdaeng Piala Indonesia Digelar Setiap Tahun

Selasa, 16 April 2019 16:24 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Trofi Piala Indonesia dalam jumpa pers drawing 8 besar Copyright: © Petrus Manus Da' Yerimon/INDOSPORT
Trofi Piala Indonesia dalam jumpa pers drawing 8 besar

INDOSPORT.COM - Perhelatan kompetisi sepak bola Indonesia, Kratingdaeng Piala Indonesia sepertinya akan terus bergulir setiap tahun. Terlebih, ajang ini sudah masuk ke dalam agenda resmi AFC, sehingga menjadi salah satu kompetisi sepak bola Indonesia.

Hal ini dikatakan langsung oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria. Terlebih bagi Tisha pemenang Piala Indonesia memiliki slot untuk tampil di ajang Piala AFC nantinya.

"Kita harus melaksanakan kompetisi juga, maka dipastikan karena Piala Indonesia telah terdaftar juga di AFC sebagai salah satu kategori kompetisinya PSSI maka setiap tahunnya akan dipastikan bergulir," ucap Tisha.

"Rencananya di skema tahun 2019 sampai 2020 akan dimulai di September-Oktober nanti sampai di skema tahun 2020. Di bulan juni ini adalah deadline waktu terakhir PSSI untuk submit ke AFC nama pemenang di piala indonesia 2018 2019 untuk bisa di submit ke AFC Cup 2020," jelas Tisha.

Memang sebelumnya, Piala Indonesia dikhwatirkan hanya menjadi turnamen sementara saja. Terlebih bila tidak ada sponsor masuk, dikhawatirkan Piala Indonesia tidak bergulir.

"Ini yang harus dipahami dulu. Sebagai organisasi, PSSI berkewajiban untuk secara statuta melakukan tiga hal pembinaan, menjalankan kompetisi, dan tim nasional."

"Hal lainnya berupa itu adalah pendukung. Jadi kita gak bicara selayaknya perusahaan yang kalau gak dapet sponsor gak menggelar. Tidak, ini menjadi tanggung jawabnya PSSI, dengan keadaan terbatas sekalipus kita harus ttap melakukan," tukas Tisha.

Piala Indonesia 2019 sendiri saat ini sudah memasuki babak delapan besar. Delapan tim terbaik yakni, Persija Jakarta, Bhayangkara FC, PSM Makassar, Bali United, Persib Bandung, Borneo FC, Madura united dan Persebaya Surabaya siap bersaing menjadi yang terbaik.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT