Bola Internasional

Menguak Negara di Asia Barat dan Tengah yang Jadi Calon Lawan Timnas Indonesia

Selasa, 16 April 2019 11:36 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19). Copyright: © PSSI
Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

INDOSPORT.COM - Negara-negara di kawasan Asia Barat dan Asia Tengah, bakal menjadi calon lawan tanding Timnas Indonesia di laga uji coba. Lantas, negara mana saja yang dimaksud?

Timnas Indonesia sendiri memang dijadwalkan bakal menggelar dua pertandingan internasional bertajuk FIFA Matchday pada 9 Juni dan 14 Juni 2019 mendatang.

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, bahkan telah membocorkan kriteria dua calon lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia pada jeda internasional nanti.

Disebutkan jika Timnas Indonesia tidak akan bertanding melawan negara Asia Tenggara. Ratu Tisha menyakinkan lawan skuat asuhan Simon McMenemy berikutnya memiliki level di atas Timnas Indonesia.

“Kami menargetkan lawan berasal dari kawan Asia Barat dan Asia Tengah, ini juga sebagai persiapan menuju putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September 2019,”  kata Ratu Tisha seperti dilansir situs berita Antara.

Menarik untuk menebak siapa calon lawan Timnas nanti, jika melihat dari data yang ada, di kawasan Asia Barat ada beberapa negara Timur Tengah yang bisa menjadi lawan Timnas yakni Bahrain, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirate Arab, Irak, Lebanon, Syria, Iran, Palestina dan Yaman.

Namun dari track rekor pertandingan persahabatan yang pernah dijalani Timnas, tampaknya wakil negara Asia Barat yang kemungkinan besar menjadi calon lawan Timnas Indonesia adalah Palestina dan Lebanon.

Sedangkan di kawasan Asia Tengah ada beberapa negara pecahan Uni Soviet seperti Kazakhstan, Kirgizstan, Tajikistan, Turkmenistan dan Uzbekistan.

Dari kawasan Asia Tengah ini, kemungkinan besar Kirgizstan, Turkmenistan dan Uzbekistan yang menjadi calon lawan. Pasalnya ketiga tim tersebut pernah berhadapan dengan Timnas Indonesia sehingga lebih mudah jka ingin melaoni pertandingan uji coba kembali.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM

357