Bola Internasional

Sampah Plastik Piala Dunia 2018 Disulap Rumput Stadion di Rusia

Rabu, 17 April 2019 18:49 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sputnik/Artur Lebedev
Salah satu stadion tuan rumah di Piala Dunia Rusia membangun lapangan dengan menggunakan limbah plastik sebagai bahan rumput sintetis. Copyright: © Sputnik/Artur Lebedev
Salah satu stadion tuan rumah di Piala Dunia Rusia membangun lapangan dengan menggunakan limbah plastik sebagai bahan rumput sintetis.

INDOSPORT.COM – Sebuah lapangan sepak bola yang tak biasa hadir di Sochi, Rusia. Stadion ini memanfaatkan sampah plastik yang menggunung pasca turnamen sepak bola Piala Dunia musim panas 2018 lalu.

Menurut laman berita olahraga RT.com, lapangan sepak bola yang dibangun tak jauh dari stadion tuan rumah Fiscth ini memiliki hamparan rumput yang terbuat dari limbah plastik selama Piala Dunia 2018 di Rusia.

Perlu diketahui bahwa, turnamen ini telah menarik ribuan penggemar sepak bola dari seluruh penjuru dunia. Tentunya, ini juga menyebabkan penumpukansampah botol plastik selama satu bulan bergulirnya turnamen itu.

Demi mengurangi penumpukan tersebut, maka pihak penyelenggara Rusia memutuskan untuk mendaur ulang sampah-sampah plastik itu menjadi sesuatu yang berguna, yakni rumput lapangan sepak bola.

“Proses teknologi dari penciptaan lapangan sepak bola plastik dilakukan di pabrik – pabrik Rusia,” kata Konstantin Tamirov selaku direktur marketing perusahaa komersial yang membantu membantu  lapangan plastil itu.

“Kantong plastik selama Piala Dunia dikumpulkan kemudian dilelehkan menjadi butiran khusus, yang kemudian digunakan untuk membuat helai-helai serat yang dipakai untuk membuat lapangan,” Konstantin menjelaskan.

Dalam prosesnya, lapangan sepak bola unik ini menghabiskan lebih dari 4 ribu pon plastik. Namun, lapangan ini nantinya akan direlokasi ke Volgogard karena stadion ini dianggap lebih terjangkau bagi para penggemar sepak bola lokal.

Bukan hanya untuk mendaur ulang sampah plastik, keberadan lapangan ini juga menjadi saksi bahwa turnamen sepak bola antar dunia itu meninggalkan dampak sampah yang cukup signifikan.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM