In-depth

89 Tahun PSSI, Apa Saja yang Sudah Diraih untuk Mengharumkan Bangsa?

Jumat, 19 April 2019 18:25 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Copyright: © INDOSPORT
Logo Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

INDOSPORT.COM - Dengan suguhan kue lengkap dengan lilinnya, kakekku merayakan ulang tahunnya yang ke-89. Tentu di usia yang sudah uzur itu, begitu banyak peristiwa yang telah dilaluinya mirip dengan PSSI.

Sudah 89 tahun PSSI menjadi induk dari segala aktivitas sepak bola, lantas apa saja yang sudah diraih dalam usia  senja ini?

PSSI didirkan oleh Soeratin Sosrosoegondo, seorang anak muda lulusan Universitas Harvard dengan cita-cita ingin melawan penjajah pada masa itu. Dia berkeinginan mendirikan organisasi yang dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa lewat sepak bola.

Voetbalbond Indonesische Jakarta (VIJ), BIVB Bandung, PSIM Yogyakarta, PSM Madiun, IVM Magelang, SIVB Surabaya, dan VVB Solo akhirnya berkumpul untuk membentuk asosiasi sepak bola Indonesia pada 19 April 1930.

Dengan cita-cita mulia Soeratin, PSSI terus tumbuh dan berkembang melewati segala peristiwa yang pernah terjadi di sepak bola Indonesia. Lantas di usia 89 tahun sekarang, masalah dan prestasi apa saja yang telah dirasakan oleh PSSI?