Bola Internasional

Beda Dari yang Lain, 4 Pesepak Bola Ini Rintis Karier Aneh Usai Pensiun

Sabtu, 20 April 2019 20:50 WIB
Penulis: Ridi Fadhilah Khan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Simon Hofmann/Bongarts/Getty Images
Kiper SSV Dillingen, Tim Wiese. Copyright: © Simon Hofmann/Bongarts/Getty Images
Kiper SSV Dillingen, Tim Wiese.

INDOSPORT.COM- Biasanya, selepas memutuskan untuk gantung sepatu dari sepak bola, para mantan pemain ini melanjutkan kariernya di seputaran si kulit bundar. Akan tetapi tiga sosok ini justru mencoba peruntungannnya di olahraga lain usai pensiun. Siapa sajakah mereka?

Ketika memasuki masa senja sebagai pesepak bola, tak sedikit para pesepak bola yang gantung sepatu memilih untuk mengambil pekerjaan yang tak jauh dari dunia si kulit bundar. Baik itu sebagai pelatih, ofisial tim, manajer atau sekalipun komentator atau pandit.

Sebagai contoh, Rio Ferdinand yang memutuskan untuk menjadi komentator dan pandit untuk pertandingan-pertandingan di Liga Inggris. Sebelumnya mantan bek Manchester United ini sempat bergurau soal kariernya usai gantung sepatu. 

Dirinya pernah mengatakan bahwa ingin merintis karier sebagai petinju ketika sudah pensiun menjadi pesepak bola kelak nanti. Akan tetapi, hal itu urung dilaksanakan dan Ferdinand lebih memilih untuk menjadi komentator dan pandit hingga saat ini.

Ada pula dengan Frank Lampard, Mark van Bommel, Gennaro Gattuso hingga Zinedine Zidane yang memutuskan menjadi pelatih usai gantung sepatu.

Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui bahwa terdapat deretan mantan pesepak bola yang justru melanjutkan kariernya di luar dunia sepak bola. Bahkan ada yang coba peruntungannya sebagai pegulat dan petinju. Ada juga yang coba menjadi seniman atau detektif. Siapa saja kah mereka?